Wanita Kakak-Adik di Sulsel Ditangkap Usai Edarkan Uang Palsu

Hermawan Mappiwali - detikNews
Selasa, 11 Jan 2022 12:38 WIB
Ilustrasi Uang Palsu
Ilustrasi (Basith Subastian/detikcom)
Barru -

Wanita berstatus kakak-adik di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan (Sulsel), berinisial PA (23) dan NA (15) ditangkap polisi lantaran mengedarkan uang palsu. Terduga pelaku beraksi dengan modus membeli rokok pada sejumlah kios.

"Pelaku membeli sebungkus rokok pada beberapa kios yang disinggahi pakai uang palsu pecahan Rp 100 ribu dengan tujuan mendapatkan uang asli dari sisa pembelian rokok tersebut," kata Kapolres Barru AKBP Liliek Tribhawono kepada detikcom, Selasa (11/1/2022).

PA dan NA ditangkap polisi di rumahnya di area Lingkungan Limpomajang, Kelurahan Sumpang Binangae, Kecamatan Barru, pada Senin (10/1) sekitar pukul 22.45 Wita. Dua terduga pelaku mengakui aksinya.

"Uang hasil dari uang palsu tersebut dipakai pelaku untuk membayar utang dan untuk kebutuhan sehari-hari," katanya.

Dari tangan PA dan NA, polisi menyita tiga lembar uang palsu pecahan Rp 100 ribu. Polisi juga menyita uang asli senilai Rp 309 ribu dengan berbagai jenis pecahan uang.

"Pelaku sudah melakukan peredaran uang palsu tersebut sebanyak kurang-lebih 10 kali di berbagai warung yang ada di Kabupaten Barru," kata Liliek.

Sementara itu, soal asal uang palsu tersebut, Liliek mengungkap kedua terduga pelaku memperolehnya dari seorang pria penjual telur di Kabupaten Sidrap, Sulsel. Polisi kini menyelidiki keberadaan pria tersebut.

"Uang palsu tersebut didapatkan dari ipar pelaku bernama Anas (29), pedagang telur di Sidrap," pungkas Liliek.

(hmw/nvl)