Tes Swab Massal di Krukut Jakbar: Hasil Antigen 10 Warga Positif COVID

Karin Nur Secha - detikNews
Senin, 10 Jan 2022 17:45 WIB
Suasana di RW 02, Krukut, Tamansari, Jakbar yang terlihat sepi di saat micro lockdown diberlakukan karena ada seorang warga suspek Omicron (Karin NS/detikcom)
Suasana di RW 02, Krukut, Tamansari, Jakbar, yang terlihat sepi di saat micro-lockdown diberlakukan karena ada seorang warga suspek Omicron. (Karin NS/detikcom)
Jakarta -

Sebanyak 239 warga Krukut, Jakarta Barat, menjalani tes swab massal buntut satu warga terkonfirmasi Corona varian Omicron. Hasilnya, sebanyak 10 warga positif Corona berdasarkan tes antigen.

"Total ada 239 warga yang lakukan swab test. Di antaranya 120 warga lakukan PCR test dan 119 warga lainnya melakukan swab test antigen," ujar Lurah Krukut Ilham Nurkarin saat dikonfirmasi, Senin (10/1/2021).

Kesepuluhnya sedang menjalani isolasi mandiri sementara. Jika positif berdasarkan PCR, akan dirujuk ke Wisma Atlet.

"Hasilnya ada 10 orang yang positif antigennya ya, mereka sedang menjalankan isolasi mandiri menunggu persetujuan rujukan di Wisma Atlet," kata Ilham.

Diberitakan sebelumnya, terdata 36 warga RW 02 Krukut, Tamansari, Jakarta Barat, positif Corona, satu di antaranya merupakan suspek Omicron. Ilham menyebut mereka yang terkonfirmasi positif Corona telah melakukan vaksin dua kali.

"Dari 36 orang kemarin yang dirujuk kemarin, gejalanya relatif ringan pusing, flu, demam dan sebagian besar tanpa gejala," ucap Ilham.

Lebih lanjut, mereka juga disebut hanya mengalami gejala-gejala ringan seperti pusing, flu, dan demam usai terkonfirmasi positif Corona. Bahkan di antara mereka juga tidak ada yang mengalami gejala.

"Mungkin ada kaitannya dengan status vaksinasinya. Hampir semuanya sudah melaksanakan vaksinasi lengkap," jelasnya.

Ilham mengimbau agar masyarakat yang sudah menjalani vaksinasi untuk tetap menjaga prokes selama beraktivitas di luar rumah. Selain itu, dia mengimbau warga yang masih belum melakukan vaksinasi segera mendatangi sentra-sentra vaksinasi terdekat.

Simak video 'Luhut: Tren Kenaikan Kasus Corona Disebabkan Pelaku Perjalanan Luar Negeri':

[Gambas:Video 20detik]



(ain/idn)