ADVERTISEMENT

Mayjen Untung Budiharto Resmi Jabat Pangdam Jaya

Audrey Santoso - detikNews
Senin, 10 Jan 2022 17:43 WIB
Serah terima jabatan Pangdam Jaya dari Mayjen TNI Mulyo Aji (kiri) kepada mayjen TNI Untung Budiharto (kanan).
Serah-terima jabatan Pangdam Jaya dari Mayjen TNI Mulyo Aji (kiri) kepada mayjen TNI Untung Budiharto (kanan). (dok. Pendam Jaya)
Jakarta -

Mayor Jendral TNI Untung Budiharto resmi menjabat Panglima Kodam Jayakarta (Pangdam Jaya). Dia menggantikan Mayjen TNI Mulyo Aji, yang dipromosikan sebagai Sekretaris Kementerian Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Seskemenko Polhukam).

Upacara serah terima jabatan Pangdam Jaya ini dipimpin oleh Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman. Upacara dilakukan di Aula Jenderal Besar A. H. Nasution, Markas Besar TNI AD, Jakarta Pusat, Senin (10/1/2022).

Serah-terima jabatan Pangdam Jaya ditandai dengan pelepasan dan penyematan tanda jabatan. Kemudian dilakukan penyerahan tongkat komando dari Mulyo Aji kepada Untung.

Setelah itu, prosesi dilanjutkan dengan penyerahan Pataka. Dudung kemudian menandatangani berita acara serah-terima jabatan Pangdam Jaya dan Ketua Persit Kartika Chandra Kirana. Acara ini dihadiri pejabat utama TNI AD, di antaranya Wakasad, Irjenad Kasad, Koorsahli Kasad, Danpuspomad, Danpusenif dan para pejabat militer jajaran TNI AD.

Sebelumnya, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengganti perwira tinggi TNI AD yang mengisi jabatan Pangdam Jaya dari Mayjen Mulyo Aji ke Mayjen Untung Budiharto. Mayjen Mulyo Aji mendapat promosi menduduki job bintang tiga sebagai Seskemenko Polhukam.

"Betul," ujar Andika saat dimintai konfirmasi detikcom soal mutasi Pangdam Jaya, Kamis (6/1/2022).

Mutasi Pangdam Jaya ini tertuang dalam Keputusan Panglima Tentara Nasional Indonesia Nomor Kep/5/I/2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia. Surat keputusan tersebut diteken Kepala Setum TNI Brigjen Edy Rochmatullah pada Selasa (4/1).

Lihat juga video 'KontraS Kecewa ke Jokowi Eks Tim Mawar Jadi Pangdam Jaya':

[Gambas:Video 20detik]



(aud/jbr)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT