Luhut: 29 Wilayah di Jawa-Bali Kembali Masuk PPKM Level 1 Pekan Depan

Tim detikcom - detikNews
Senin, 10 Jan 2022 15:50 WIB
Rapat Koordinasi Nasional Percepatan Pengembangan Lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas Tahun 2021” yang diselenggarakkan Kemenkomarves, Rabu (1/12/2021).
Koordinator PPKM Jawa-Bali (Kemenparekraf)
Jakarta -

Koordinator PPKM Jawa-Bali, Luhut Pandjaitan, menjelaskan sejumlah daerah bakal kembali masuk ke pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 1. Apakah Jakarta termasuk?

"Berdasarkan asesmen 8 Januari, terdapat 29 aglomerasi yang kembali masuk Level 1 di daerah Jawa-Bali, namun perubahan level ini akan kami lakukan minggu depan," kata Luhut dalam siaran pers lewat kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (10/1/2022).

Sebagaimana diketahui, sepekan lalu sejumlah daerah yang sebelumnya masuk PPKM level 1 menjadi PPKM level 2, termasuk Jakarta. Soal rincian daerah-daerah yang bakal kembali turun ke PPKM level 1, Luhut belum mengungkapnya karena akan dia umumkan pekan depan.

Luhut, yang merupakan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, menyampaikan soal membaiknya situasi pandemi COVID-19 saat ini. Jumlah kematian COVID-19 di Jawa-Bali sudah terjaga. Hanya 1 kematian di Jakarta. Selain itu, pengetesan dan pelacakan COVID-19 berjalan dengan baik.

"Kami berikan apresiasi kepada daerah yang telah kembali meningkatkan jumlah testing dan tracing dalam seminggu terakhir, utamanya sebagian besar wilayah aglomerasi Jawa-Bali," kata Luhut.

Testing, tracing, serta vaksinasi harus terus ditingkatkan. Testing dan tracing digunakan untuk memitigasi penyebaran virus Corona.

"Dari membaiknya pekerjaan testing dan tracing tadi memberikan dampak yang baik terhadap level yang sebelumnya sempat memburuk," kata Luhut.

(dnu/imk)