ADVERTISEMENT

Omicron Makin Banyak, Jokowi Anjurkan Warga Tak ke LN Beberapa Pekan ke Depan

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Senin, 10 Jan 2022 15:33 WIB
Presiden Jokowi Tinjau Vaksinasi Anak di Jakpus
Presiden Jokowi (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkap arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rapat kabinet tentang penanganan COVID-19. Jokowi meminta warga tak pergi ke luar negeri selama beberapa pekan ke depan menyusul melonjaknya kasus Omicron.

Hal itu disampaikan Luhut dalam jumpa pers setelah sidang kabinet seperti disiarkan akun YouTube Sekretariat Presiden, Senin (10/1/2022). Luhut mengungkap tren peningkatan kasus COVID-19 di Indonesia disebabkan oleh pelaku perjalanan luar negeri.

"Tren peningkatan kasus COVID-19 disebabkan oleh pelaku perjalanan luar negeri dan presiden secara spesifik menekankan ini tadi, untuk kita dianjurkan menahan diri dulu beberapa minggu ke depan untuk tidak ke luar negeri," kata Luhut.

Luhut mengatakan kasus COVID-19 pelaku perjalanan luar negeri ini menyebabkan kenaikan kasus aktif di Indonesia. Selain itu, perawatan pasien di Jawa-Bali meningkat.

"Kasus konfirmasi PPLN ini mendominasi proporsi kasus harian di Indonesia hingga menyebabkan kenaikan kasus aktif dan perawatan pasien di Jawa-Bali yang lagi-lagi disebabkan oleh pelaku perjalanan luar negeri," ujar Luhut.

"Pada 9 Januari lalu, misalnya, dari 393 kasus yang terjadi, hampir 300 kasus di antaranya oleh disebabkan para pelaku perjalanan luar negeri," sambung Luhut.

(knv/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT