Hasto Ungkap Maksud Megawati Sapa Ahok 'Sahabat Saya' di HUT PDIP

Eva Safitri - detikNews
Senin, 10 Jan 2022 15:13 WIB
Ahok berbaju putih bareng Megawati (Instagram @basukibtp)
Ahok berbaju putih bareng Megawati (Instagram @basukibtp)
Jakarta -

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menyapa khusus Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dengan sebutan sahabat dalam sambutannya di HUT ke-49 PDIP. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto memberikan penjelasan.

"Memang Ibu Mega ini membangun persahabatan dan sekali klik itu terus berlangsung dengan Pak Prabowo ibu bangun persahabatan, dengan Pak Ahok bangun persahabatan, kemudian tokoh-tokoh nasional dengan Buya Syafii Ma'arif tadi sudah disebut dengan KH Said Aqil dengan berbagai tokoh-tokoh nasional. Bahkan tadi dengan berbagai hal yang disampaikan Pak Jaya Suprana juga menampilkan kedekatan itu," kata Hasto dalam konferensi pers virtual, Senin (10/1/2022).

Hasto menyebut Megawati dengan Ahok memang kerap melakukan dialog politik kebangsaan dalam berbagai kegiatan. Hasto lantas menyebutkan prestasi Ahok di Jakarta.

"Jadi menyebut sahabat tadi ya memang sahabat, apalagi Pak Ahok ini kan menjadi korban terkait dengan pemilu Jakarta, prestasi Pak Ahok luar biasa, termasuk membangun masjid luar biasa, prestasi ketegasan dalam berbagai bentuk-bentuk konspirasi kekuasaan yang ingin menggunakan kekuasaan membangun kapital, Pak Ahok paham dan mempunyai keberanian menghadapi itu," ujarnya.

"Sehingga itu merupakan hal yang nature sifatnya karena Bu Mega dekat dengan sosok yang menjalankan tugasnya dengan semboyan laksanakan kewajibanmu dengan sungguh-sungguh selama untuk kepentingan bangsa dan negara tanpa menghitung akibatnya," katanya.

Nama Ahok sendiri mulai muncul ke permukaan bursa Pilgub DKI di mana ini adalah tahun terakhir periode kepemimpinan Anies Baswedan. Ahok sendiri sudah angkat bicara soal peluangnya di Pilgub DKI dengan mengatakan dirinya akan menjadi guru bagi kader PDIP.

Kembali ke Hasto, dia menegaskan sapaan khusus Megawati kepada Ahok tak terkait dengan Pilgub 2024. Tokoh yang akan diusung di Pilgb DKI 2024 nanti merupakan kewenangan Megawati.

"Jadi nggak ada kaitannya dengan Pilgub 2024. Pidato Ibu Ketum disampaikan sendiri oleh beliau sebagai hasil kontemplasi, tujuannya agar PDIP dapat memberikan dukungan bersama dengan masyarakat Indonesia agar pandemi ini bisa kita atasi bersama. Kalau Bu Mega mau menetapkan Pak Ahok itu kewenangan Bu Mega," tuturnya.

Sebelumnya, Megawati membuka HUT ke-49 PDI Perjuangan dengan menyapa sederet tokoh yang hadir. Nama Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) disapa secara khusus oleh sang Ketua Umum PDIP.

HUT ke-49 PDIP disiarkan di akun YouTube resmi PDIP. Senin (10/1/2022). Megawati mulanya menyapa para menteri di Kabinet Indonesia Maju dari Menko Polhukam Mahfud Md, Menko Marinves Luhut Binsar Pandjaitan, Menko PMK Muhadjir Effendy, Menhan Prabowo Subianto, hingga Kepala BRIN Laksana Tri Handoko.

Lalu Megawati menyapa tokoh yang didengarnya juga hadir. Salah satu yang mendapat sapaan khusus dari Megawati adalah Ahok, yang kini menjabat komisaris utama PT Pertamina.

"Ada juga saya dengar kakak saya juga ada, katanya, Mas Guntur Soekarnoputra," kata Megawati.

"Terus ada sahabat saya Pak Ahok atau yang berkenan Basuki Tjahaja Purnama. Saya mencoba untuk melihat di layar tapi karena begitu banyak yang hadir sehingga saya tidak bisa melihat satu per satu," ujar Megawati.

(eva/gbr)