Detik-detik Kawanan Perompak Sekap-Rampas Barang ABK di Perairan Konawe

Sitti Herlina - detikNews
Senin, 10 Jan 2022 14:44 WIB
Ilustrasi kapal di Pulau Enggano (Foto: Istimewa)
Ilustrasi Kapal di Pulau Enggano (Dok. Istimewa)
Konawe -

Kawanan perompak menyandera dan merampas barang milik 8 ABK Kapal SPOB Graha 21 di Perairan Morosi, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra). Saat menjalankan aksinya 6 anggota kawanan tersebut menggunakan penutup wajah.

"Tanggal 6 Januari, sekitar pukul 21.30 Wita, 6 orang perompak yang menggunakan penutup wajah naik ke SPOB Graha 21 yang tengah berlabuh jangkar di Perairan Morosi dengan menggunakan speed boat," kata Kepala Subdirektorat Patroli Airud Direktorat Polisi Air dan Udara (Polairud) Polda Sultra Kompol Wahyu Adi Waluyo saat dihubungi detikcom, Senin (10/1/2022).

"Selanjutnya 4 orang perompak naik ke kapal dengan membawa senjata tajam berjenis golok, samurai, dan celurit dan 2 orang perompak standby di speed boat sambil berputar di sekeliling kapal sambil mengamati situasi," terang Wahyu.

Setelah berhasil naik di atas SPOB Graha 21, para perompak kemudian mengumpulkan seluruh ABK yang berjumlah 8 orang untuk berkumpul di salon ABK kemudian mengikat tangan dengan menggunakan tali plastik yang sudah disiapkan oleh perompak.

"Sekitar pukul 22.00 Wita Para perompak menyuruh 2 ABK untuk hibob jangkar dan mengancam nakhoda untuk menggerakkan kapal ke arah Pulau Saponda," katanya.

Wahyu menuturkan bahwa setelah menguasai kapal tersebut pada Jumat dini hari kapal berhenti dan mengapung.

"Sekitar pukul 03.15 Wita, ABK merasakan ada kapal yang bersandar di lambung kanan SPOB Graha 21. Selanjutnya, para perompak mengambil barang-barang berharga milik kapal dan milik ABK dan pukul 04.00 Wita, ABK SPOB Graha 21 baru mengetahui para perompak sudah meninggalkan kapal. Kemudian nakhoda Kapal mengarahkan kapal menuju perairan Morosi dan berlabuh jangkar kembali," pungkasnya.

(mud/mud)