ADVERTISEMENT

Vaksin Booster Gratis Atau Bayar? Ini Penjelasan Kemenkes

Tim detikcom - detikNews
Senin, 10 Jan 2022 13:13 WIB
Vaksin Booster Gratis Atau Bayar? Ini Penjelasan Kemenkes
Vaksin Booster Gratis Atau Bayar? Ini Penjelasan Kemenkes (Foto: Tim Infografis Fuad Hasim)

Jenis Vaksin Booster

Hingga saat ini jenis dan dosis vaksin booster masih menunggu konfirmasi dari pihak terkait. Kemenkes masih menanti rekomendasi dari ITAGI dan studi riset booster yang sedang berjalan serta persetujuan izin edar atau Emergency Use Authorization (EUA) dari BPOM.

"Dan jenis booster-nya nanti akan kita tentukan, ada yang homolog atau jenisnya sama, ada yang heterolog, jenis vaksinnya berbeda. Ya mudah-mudahan nanti akan segera bisa diputuskan tanggal 10 sudah keluar rekomendasi ITAGI dan BPOM," kata Budi.

Uji Klinis Booster Tak Temukan KIPI

Hasil uji klinis menunjukkan tidak ada kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) berat kepada penerima suntikan vaksin COVID-19 ketiga alias booster. Hal tersebut dibenarkan oleh Juru bicara Satgas COVID-19, Prof Wiku Adisasmito.

"Sejauh ini, telah dilakukan uji klinis booster vaksin dan ditemukan tidak ada indikasi KIPI berat pada subjek penelitian, dan direkomendasikan rentang antara penyuntikan dosis kedua dan ketiga minimal 6 bulan setelahnya," kata Wiku dalam siaran pers di YouTube BNPB, Selasa (4/1/2022).


(izt/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT