Kantor Wali Kota Bekasi Dibanjiri Karangan Bunga, Ada Apa?

M Hanafi Aryan - detikNews
Senin, 10 Jan 2022 12:57 WIB
Karangan bunga di Kantor Wali Kota Bekasi (Hanafi-detikcom)
Foto: Karangan bunga di Kantor Wali Kota Bekasi (Hanafi-detikcom)
Bekasi -

Kantor Wali Kota Bekasi, Jawa Barat, dibanjiri karangan bunga. Ada apa?

Pantauan detikcom di Kantor Wali Kota Bekasi, Jalan Ir Juanda, sejak pukul 10.00 WIB, Senin (10/1/2022), tampak ada sekitar 50 karangan bunga yang berjejer di halaman kantor.

Karangan bunga itu berisi ucapan selamat kepada Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto. Karangan bunga itu dikirim dari berbagai instansi ataupun atas nama pribadi.

Ada karangan bunga dari Anggota DPR RI Trimedya Panjaitan hingga, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Pemuda Pancasila (PP) hingga perusahaan Swasta.

Tri Adhianto ditunjuk sebagai Plt Wali Kota Bekasi usai Wali Kota Bekasi nonaktif Rahmat Effendi alias Pepen ditangkap KPK. Pepen dijerat sebagai tersangka karena diduga menerima suap.

Karangan bunga di Kantor Wali Kota Bekasi (Hanafi-detikcom)Karangan bunga di Kantor Wali Kota Bekasi (Hanafi-detikcom)

Pepen ditangkap pada operasi tangkap tangan (OTT) KPK yang digelar Rabu (5/1). KPK kemudian menetapkan sembilan orang sebagai tersangka.

"Perlu diketahui, jumlah uang bukti kurang-lebih Rp 5,7 miliar dan sudah kita sita Rp 3 miliar berupa uang tunai dan Rp 2 miliar dalam buku tabungan," kata Ketua KPK Firli Bahuri dalam jumpa pers di gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (6/1).

Firli menyebut Pepen diduga meminta uang kepada sejumlah pihak swasta yang lahannya akan digunakan untuk proyek pengadaan oleh Pemkot Bekasi. Firli mengatakan ada tiga pihak swasta yang diduga memberi uang ke Pepen.

Pertama, KPK menyebut ada duit Rp 4 miliar yang diduga diberikan Lai Bui Min ke orang kepercayaan Pepen. Kedua, Firli menyebut Makhfud Saifudin (MS) selaku Camat Rawalumbu memberikan duit Rp 3 miliar lewat Wahyudin (WY) selaku Camat Jatisampurna.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Saksikan Video 'KPK Bantah Pernyataan Putri Pepen soal OTT Bermuatan Politis!':

[Gambas:Video 20detik]