Polres Mimika Ungkap Produksi Tembakau Sintetis Beromzet Ratusan Juta

Aufa Saiman - detikNews
Senin, 10 Jan 2022 12:07 WIB
Polres Mimika bongkar produksi tembakau sintetis beromzet ratusan juta
Polres Mimika bongkar produksi tembakau sintetis beromzet ratusan juta (Foto: Aufa Saiman)
Mimika -

Polres Mimika mengamankan tiga pemuda produsen tembakau sintetis beromset ratusan juta rupiah. Produksi narkoba ini berlangsung 5 bulan terakhir.

Pengungkapan kasus ini terjadi di Jalan Patimura, Gang Toba, Timika pada (7/1/2022) sekitar pukul 23:00 WIT beserta ketiga pelaku.

"Ini penangkapannya pada tanggal 7 Januari 2022, suatu apresiasi kepada Satuan Narkoba Polres Mimika karena telah berhasil mengungkap kasus ini," kata Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gede Era Adhinata kepada wartawan, Senin (10/1/2022).

Era mengatakan kegiatan produksi ini sudah berlangsung lama sekitar lima bulan. Produksi ini dapat dilihat dari transaksi uang masuk di buku rekening pelaku Rp 300 juta.

Ketiga pelaku adalah ISM, AB, dan YFR menjadi bos dalam bisnis tembakau sintetis ini masih berusia 19 tahun.

"Bayangkan saja bagaimana keuntungan pelaku saat menjual tembakau sintetis hasil buatan produk Timika yang kita ungkap," kata Kapolres.

Ia menuturkan dari tangan pelaku polisi mengamankan barang bukti bahan mentah berupa tembakau, alkohol, alat produksi dan buku tabungan berisi ratusan juta dan paket siap jual dengan plastik kemasan 1 gram.

"Atas perbuatannya ketiga tersanga ini dikenakan pasal 114, 113, 112 ayat 2 UU Narkotika no 35 tahun 2009 terkait produksi, dengan ancaman penjara lima tahun penjara hingga seumur hidup," ujar Era.

(mud/mud)