ADVERTISEMENT

Speed Boat yang Hilang di Perairan Asmat Papua Ditemukan

Wilpret Siagian - detikNews
Jumat, 31 Des 2021 00:20 WIB
Speed Boat yang Hilang di Perairan Asmat Papua (Wilpret-detikcom)
Foto: Speed Boat yang Hilang di Perairan Asmat Papua (Wilpret-detikcom)
Jayapura -

Setelah 3 hari Speed Boat berpenumpang 7 orang yang sempat hilang kontak di perairan Asmat, Papua ditemukan. Seluruh penumpang selamat.

"Speed boat ditemukan dalam kondisi kandas di rep dan semua penumpang dalam kondisi aman," ujar Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika George L.M. Randang dalam keterangannya, Kamis (30/13/2021) malam.

Dia mengatakan, tim SAR gabungan berhasil menemukan speed boat 85 PK beserta 7 orang penumpangnya di sekitar perairan Puriri Timika. Para korban ditemukan sekitar pukul 10.30 WIT, Kamis (30/12/2021).

"Speed boat beserta penumpangnya ditemukan tim SAR gabungan dalam kondisi sedang kandas terkena rep atau terdampar di perairan dangkal Puriri," ujarnya.

Menurut penuturan salah seorang korban kepada personil rescuer SAR Timika mengatakan, dalam perjalanannya dari Asmat menuju Timika mereka sebelumnya berlindung di pulau Yapero dikarenakan cuaca saat itu sedang buruk. Saat cuaca mulai membaik, mereka kembali melanjutkan perjalanan.

"Nah justru mereka malah terdampar terkena jalur perairan dangkal atau masyarakat sekitar biasa menyebutnya rep," jelasnya.

Setelah ditemukan para korban langsung diserahkan ke pihak keluarga yang juga ikut serta melakukan pencarian.

"Operasi SAR terhadap speed boat 85 PK diusulkan tutup dan potensi SAR yang terlibat dikembalikan ke kesatuan masing-masing," katanya lagi.

Kepala Kantor SAR Timika juga menghimbau bagi pengguna speed boat yang sering beraktivitas jalur pelayaran Timika-Asmat atau sebaliknya agar benar-benar mematuhi standard pelayaran dan kelayakan berlayar.

"Penting kiranya mengikuti himbauan dari pemerintah dan mengikuti informasi dari BMKG terkait cuaca, untuk menghindar dari hal hal yang tidak diinginkan terjadi, karena sudah cukup banyak laporan musibah yang masuk di Basarnas Kantor SAR Timika terutama di sebelah Selatan Papua," pintanya.

Ia juga berharap instansi terkait lewat pemerintah daerah kabupaten Mimika maupun kabupaten Asmat bisa bersinergi bersama-sama melakukan evaluasi dalam rapat koordinasi unsur maritim bersama penyedia usaha transportasi laut dan semua unsur perkapalan yang sering beraktifitas di perairan Timika-Asmat untuk mensosialisasikan aturan keselamatan pelayaran dan mengecek langsung kelayakan setiap kapal.

Simak juga 'Penambahan Kasus Covid Hari Ini Terbanyak dari Papua Barat':

[Gambas:Video 20detik]



(dwia/dwia)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT