Wabup Nonaktif OKU 6 Bulan Berjuang Lawan Kanker Sebelum Meninggal

Prima Syahbana - detikNews
Senin, 10 Jan 2022 11:27 WIB
Gubernur Sumsel Herman Deru melayat ke RS tempat meninggalnya Johan Anuar
Gubernur Sumsel Herman Deru melayat ke RS tempat meninggalnya Johan Anuar. (Prima Syahbana/detikcom)
Ogan Komering Ulu -

Wakil Bupati Nonaktif OKU Johan Anuar terdakwa kasus dugaan korupsi tanah kuburan meninggal dunia. Johan berjuang melawan sakit kanker yang dideritanya beberapa bulan terakhir.

Pantauan detikcom, Senin (10/1/2022), jenazah Johan langsung dibawa ke Baturaja, OKU, pukul 10.00 WIB, untuk disemayamkan di rumah duka dan dimakamkan.

"Jadi almarhum ini sudah beberapa kali menjalani perawatan di RS, pertama di RSPAD Jakarta. Sudah dilakukan operasi di kepala beliau. Diagnosa dokter menderita sakit kanker di kepala dan juga sudah meta ke paru-paru," kata kuasa hukum Johan Anuar, Titis Rahmawati, saat ditemui di RS Siti Khodijah Palembang, Senin (10/1).

Penyakit Johan, kata dia, sudah diderita sejak Juni 2021. Kondisi kesehatan Johan mulai merosot sejak adanya putusan dari PN Tipikor Palembang beberapa waktu lalu.

"Sakitnya sudah sejak 8 Juni (2021), beliau sudah dirawat. Proses pembantarannya Agustus. Kondisinya semakin merosot usai mendapat putusan di Pengadilan Negeri," katanya.

Gubernur Sumsel Herman Deru yang hadir di RS tersebut tidak banyak berkomentar. Dia turut berbela sungkawa atas wafatnya Johan. Dia menyebut Johan merupakan orang baik semasa hidupnya.

"Dia itu orang baik, humble. Semoga amal ibadahnya diterima dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan ketabahan," kata Herman Deru, singkat.

Sebelumnya, kabar duka meninggalnya Wabup OKU Nonaktif Johan Anuar tersebut beredar di grup WhatsApp dan dibenarkan oleh Kuasa hukumnya, Titis Rahmawati.

"Benar Pak Johan Anuar telah meninggal dunia pagi tadi," kata Titis.

Johan meninggal usai dirawat karena jatuh sakit. Rencananya Johan Anuar akan dimakamkan di Baturaja, Ogan Komering Ulu (OKU). Diketahui Johan Anuar ditahan atas kasus dugaan korupsi tanah untuk kuburan di OKU. Dia merupakan Wakil Bupati OKU yang terpilih dalam Pilkada Serentak 2020 untuk mendampingi Kuryana Aziz sebagai Bupati.

Kuryana Aziz dan Johan dilantik oleh Gubernur Herman Deru pada Jumat, (26/2) lalu. Saat pelantikan, Kuryana tak hadir karena positif COVID-19 dan dirawat. Namun tak lama setelah beliau dilantik, Kuryana Aziz meninggal dunia. Sementara Johan Anuar masih menjalani proses persidangan di kasus tersebut setelah divonis 8 tahun di Pengadilan Tipikor Palembang-Kayuagung.

(mud/mud)