Wabup OKU Nonaktif Terdakwa Korupsi Tanah Kuburan Meninggal Idap Kanker

Raja Adil Siregar - detikNews
Senin, 10 Jan 2022 10:27 WIB
Johan Anuar (dok ist)
Wabup OKU nonaktif, Johan Anuar (Dok. Istimewa)
Palembang -

Wakil Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) nonaktif, Johan Anuar, meninggal dunia. Terdakwa kasus korupsi tanah kuburan itu meninggal akibat sakit kanker paru-paru.

Penasihat hukum Johan, Titis Rachmawati, membenarkan kabar meninggalnya politisi Partai Golkar tersebut. Johan meninggal saat dalam perawatan di RS Siti Khadijah Palembang.

"Meninggal sekitar pukul 07.30 WIB. Beliau sakit kanker, jadi awalnya kanker paru, tapi sudah sampai ke kepala," kata Titis kepada detikcom, Senin (10/1/2022).

Mengingat kondisinya yang terus menurun, Johan Anuar dibantarkan dari sel tahanan. Bahkan Johan Anuar berulang kali keluar-masuk sel tahanan karena menjalani pengobatan kanker paru-paru.

"Sudah berulang kali masuk rumah sakit. Makanya beliau dibantarkan dan terakhir ini dirawat di RS Siti Khadijah. Sakit juga sudah lama," kata Titis.

Titis mengatakan Johan Anuar saat ini masih berstatus terdakwa. Sebab, Johan divonis 8 tahun di PN Tipikor Palembang.

Tidak sampai di situ, Johan mengajukan permohonan banding ke Pengadilan Tinggi dan divonis lebih ringan, yakni 7 tahun penjara. Tidak puas, Johan pun mengajukan upaya kasasi dan belum ada putusan atas kasasi tersebut.

"Vonis kemarin Pengadilan Tinggi turun jadi 7 tahun dari 8 tahun. Tapi kita masih kasasi, belum inkrah status hukumnya," kata Titis.

Diketahui, Johan Anuar ditahan atas kasus dugaan korupsi tanah untuk kuburan di OKU. Johan adalah Wakil Bupati OKU yang terpilih dalam Pilkada Serentak 2020 untuk mendampingi Kuryana Aziz sebagai Bupati.

Kuryana dan Johan dilantik oleh Gubernur Herman Deru pada Jumat (26/2) lalu. Saat pelantikan, Kuryana tak hadir karena positif COVID-19 dan dirawat.

Tidak lama setelah dilantik, Kuryana Aziz meninggal dunia. Sementara Johan Anuar menjalani proses hukum atas dugaan korupsi tanah kuburan.

Simak juga 'Penyanyi Senior Nindy Ellesse Meninggal di Usia 54 Tahun':

[Gambas:Video 20detik]



(ras/aud)