Kota Madiun Dapat 36 Penghargaan Sepanjang 2021, Ini Daftarnya

Yudistira Perdana Imandiar - detikNews
Senin, 10 Jan 2022 10:20 WIB
Wali Kota Madiun Maidi
Foto: dok. Pemkot Madiun
Jakarta -

Kota Madiun meraih sederet prestasi sepanjang tahun 2021. Secara total, ada 36 penghargaan dan prestasi yang diraih Kota Madiun dari berbagai bidang.

"Alhamdulillah tahun kedua pandemi di 2021 kita tetap semangat dalam meraih prestasi," ujar Wali Kota Madiun Maidi dalam keterangan tertulis, Senin (10/1/2022).

Salah satu prestasi untuk Kota Madiun dipersembahkan Bernadeta Salwa Nirina yang menjadi juara pertama lomba Colors of Voices Singing Contest dalam International Festival of Language and Culture (ILFC).

"Ada juga Juara 1 Lomba Bertutur Tingkat Nasional Perpusnas Kepada Pelangi Tunjung Kusuma. Semua berkat kerja keras semua tim yang ada," sambung Maidi.

Selain itu, Pemerintah Kota Madiun memperoleh penghargaan BKN Award 2021 peringkat pertama kategori Perencanaan Kebutuhan, Pelayanan, Pengadaan, Kepangkatan dan Pensiun. Di bidang olahraga, atket kota Madiun meraih dua medali emas dan dua medali perak dalam PON XX Papua.

"Alhamdulillah adik-adik atlet juga menyumbangkan emas dan perak dalam PON XX Papua," sebut Maidi.

Maidi menyatakan banyaknya penghargaan dan prestasi dari warga Kota Madiun tidak lepas dari berbagai inovasi Pemkot Madiun hingga banyak tokoh berdatangan. Hal tersebut, kata Maidi, mendapatkan apresiasi dari para tokoh nasional.

"Saya sangat terima kasih sekali atas apresiasi yang diberikan para tokoh ternama datang ke Madiun ini juga memberikan support yang luar biasa. Pak Anies , Bu Risma, Bu Khofifah dan tokoh pejabat lain telah berkunjung ke Madiun suatu kehormatan bagi kami," ujar Maidi.

Orang nomor satu di Kota Pecel itu menambahkan dirinya juga dijadwalkan mendapatkan penghargaan literasi dari PBB namun tertunda karena pandemi COVID-19.

"Alhamdulillah juga diakui oleh PBB di Jenewa mendapat penghargaan literasi yang diterapkan di kota Madiun. Berhubung masih pandemi COVID-19 akhirnya ditunda," ungkap Maidi.

Dalam hal tata kota, Maidi menjabarkan salah satu inovasi paling tampak yakni menyulap saluran sungai yang kumuh menjadi destinasi wisata paling hits di kota Madiun. Sepanjang sungai Jalan Perintis melintang Jalan Pahlawan ditata berbagai patung ikon dunia.

"Patung merlion dan ikon dunia lainya yang kita tempatkan di jantung kota Madiun jadi daya tarik wisatawan. Banyak terlibat UMKM yang tumbuh pesat. Wisata kuliner di setiap kelurahan kita suport agar setiap warga luar kota Madiun betah tidak perlu jauh jika malas keluar cari kuliner," tutur Maidi.

Maidi menambahkan berbagai upaya pencegahan COVID-19 telah dilakukan Pemkot bersama masyarakat Kota Madiun. Ia menekankan segenap upaya dilakukan dengan terus mengharap ridho Tuhan.

"Seperti diketahui, Kota Madiun tidak hentinya dalam petang melawan COVID-19 dan Alhamdulillah semakin terkendali. Hal itu tentu tak terlepas dari ridho Tuhan YME. Karenanya, doa bersama juga wujud syukur kepada Tuhan atas perlindungan yang diberikan selama ini. Semoga kota kita aman dari Corona dan semuanya saja diberikan keselamatan sampai pandemi ini berlalu,'' urai Maidi.

Wali Kota kelahiran 12 Mei 1961 ini turut mengajak masyarakat untuk senantiasa berdoa agar pandemi COVID-19 segera berakhir.

"Kita berharap wabah COVID-19 segera sirna dari Tanah Air dan Kota Madiun pada khususnya. Hal itu penting agar jalannya pemerintahan dan aktivitas masyarakat kembali normal. Kita mengajak masyarakat untuk selalu memanjatkan doa setiap kesempatan. Upaya dan doa penting terus dilakukan agar wabah segera sirna," kata Maidi.

Berikut daftar prestasi Pemerintah Kota Madiun selama tahun 2021: