Tim SAR Sisir Sungai Ciapus Cari Warga yang Hanyut Saat Memancing

Rizky Adha Mahendra - detikNews
Senin, 10 Jan 2022 10:02 WIB
ilustrasi tenggelam
Foto ilustrasi: thinkstock
Bogor -

Seorang warga asal Sukaraja berinisial R (23) hanyut di Sungai Ciapus, Bogor. Petugas gabungan saat ini masih mencari R.

Peristiwa itu terjadi pada Minggu (9/1) kemarin sekitar pukul 16.00 WIB. Saat ini petugas gabungan yang terdiri dari Pemadam Kebakaran (Damkar), Taruna Siaga Bencana (Tagana), SAR, dan warga sekitar mencari warga itu.

"Kemarin tim SAR gabung berserta warga tidak melakukan evakuasi ya karena evakuasi itu SOP-nya dari jam 07.00 WIB pagi sampai jam 17.00 WIB sore. Cuma kita pas malamnya itu dari jam 19.00 WIB sampai jam 21.00 WIB itu pencarian visual aja, visual darat," ujar Anggota Regu 3 Rescue Damkar Kabupaten Bogor, Nuryadi kepada wartawan, Senin (10/1/2022).

Kejadian bermula saat korban bersama dua orang rekannya sedang memancing di tengah sungai pukul 16.00 WIB. Kemudian turun hujan deras di sekitar lokasi korban memancing.

Tak lama setelah itu, air bah datang menerjang korban dan rekannya. Korban sempat berusaha menyelamatkan diri dengan memegang batu. Namun lantaran arus sungai yang deras, korban akhirnya hanyut.

"Korban itu sedang mancing tiba-tiba ada air bah datang, dan si korban itu mencoba mengambil pancingan itu dan memegang batu, karena si korban tidak bisa berenang dia mencoba buat menahan cuma memang arusnya besar lalu kebawa," jelasnya.

Kedua rekan korban berhasil menyelamatkan diri. Kemudian pencarian korban dilanjutkan hari ini melalui sisir aliran sungai.

"Sekarang dilanjutkan pencarian turun langsung ke kali (sungai)," tutur Nuryadi.

(zap/zap)