Tanda Tanya Arah Anies Baswedan Usai Pimpin Jakarta

Tim detikcom - detikNews
Senin, 10 Jan 2022 06:20 WIB
Anies Baswedan Bersama Lego
Anies Baswedan (Screenshot IG @aniesbaswedan)
Jakarta -

Masa jabatan Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta akan berakhir pada Oktober tahun ini. Arah perjalananan Anies pun masih menjadi tanda tanya besar.

Tahun lalu, Anies mengungkap rencananya setelah melepas jabatan Gubernur DKI. Anies mengaku ingin keliling Indonesia.

Hal itu disampaikan Anies saat workshop Nasional DPP PAN di Bali, Senin (4/10/2021) lalu. Anies awalnya berbicara soal kesetaraan tempat ibadah.

Anies mengatakan Pemprov DKI memberikan dana Rp 1 juta untuk seluruh tempat ibadah di Jakarta. Termasuk pekerja agama di tempat ibadah yang diberi Rp 500 ribu per bulan.

"Ini membangun persatuan, membangun perasaan kebersamaan, membangun kesetaraan, membangun kesetaraan itu kerja tidak nampak. Saya sering menganalogikan seperti memastikan listrik masuk ke tiap rumah, ada tidak yang masuk rumah malam hari nyalain AC, listrik, TV, terima kasih ya PLN listriknya lancar? Nggak ada," ujar Anies, di workshop Nasional DPP PAN di Bali, Senin (4/10/2021).

"Tapi begitu listriknya mati, mana nomor PLN-nya. Pemerintah ketika menghadirkan perasaan, kesetaraan perasaan, keadilan perasaan kebersamaan lewat program intervensi itu orang tidak sadar bahwa ini membangun proses kebersamaan, ketika itu tidak ada baru kita kehilangan," jelas Anies.

Anies pun mengungkap program selama 4 tahun terakhir di Jakarta. Salah satunya, Anies Baswedan menyebut berfokus pada kesetaraan.

Anies pun bercerita perihal rencana kampanye di tahun terakhir jadi Gubernur DKI. Akan tetapi kampanye itu gagal lantaran Pilkada DKI diundur menjadi 2024.

"Dulu rencananya nanti tahun terakhir baru mulai kampanye, ternyata nggak ada pilkada tahun depan (2022), jadi ya sudah kita kerja terus aja, nggak ada kampanye tahun depan, kalau ada Pilkada tahun depan kita kampanye. Tapi karena nggak ada kampanye, berarti tahun kelima. Kalau pilkadanya nggak ada ya sudah kita terusin saja kerja sampai terakhir," kata Anies Baswedan.

Anies mau ke mana? Silakan klik halaman selanjutnya.

Simak Video 'Nama Prabowo Teratas di Survei Elektabilitas Indikator Politik Indonesia':

[Gambas:Video 20detik]