Megawati Pidato Politik HUT ke-49 PDIP Besok, Jokowi Sambutan

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Minggu, 09 Jan 2022 19:40 WIB
Megawati umumkan Jokowi Capres 2019
Megawati dan Jokowi saat pengumunan capres 2019. (Twitter PDIP)
Jakarta -

PDI Perjuangan (PDIP) akan memperingati HUT ke-49 besok. Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri akan memberikan pidato politik, sementara Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi sambutan.

Masih dalam situasi pandemi COVID-19, peringatan HUT ke-49 PDIP dilakukan secara hybrid. Rangkaian acara HUT ke-49 PDIP dimulai dengan upacara bendera.

"Sebelum acara utama HUT dimulai, besok pukul 09.00 WIB, dilaksanakan upacara bendera yakni memasang satu bendera Merah Putih dan 49 bendera partai secara serentak di seluruh wilayah Indonesia," ucap Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto usai memberikan pengarahan Bimtek bagi anggota DPRD PDIP di Jakarta, Minggu (9/1/2022).

Acara HUT PDIP digelar secara hybrid dengan titik sentral di kediaman Megawati Soekarnoputri di Jalan Teuku Umar, Menteng. Presiden Jokowi menyampaikan pidatonya dari Istana Kepresidenan.

Titik lainnya yakni di kantor DPP PDIP Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, dan di Sekolah Partai PDIP Lentengagung, Jakarta Selatan. Hasto menjelaskan para fungsionaris DPP PDIP dibagi di dua tempat, yakni di kantor DPP PDIP dan sebagian lagi menghadiri di Sekolah Partai Lentengagung.

"Besok direncanakan Ketua Umum Ibu Megawati akan menyampaikan pidato politik. Pidato Ibu Megawati akan menyoroti berbagai hal strategis. Lalu dilanjutkan sambutan Bapak Presiden RI Joko Widodo. Sementara pembacaan doa oleh Menteri Agama KH Yaqut Cholil Qoumas. Sejumlah tamu VIP akan mengikuti agenda HUT ini secara daring," papar Hasto.

Acara seremonial akan diakhiri dengan pembagian tumpeng untuk perwakilan masyarakat. Masih dalam rangkaian HUT, di Sekolah Partai PDIP, juga akan ada acara pengumuman pemenang yel-yel Satgas PDI Perjuangan DPD dan DPC PDIP se-Indonesia dan pemenang Festival Kuliner Pendamping Beras.

Berdasarkan rencana, Ketua DPP PDIP, Puan Maharani, akan menerima sertifikat MURI atas rekor buku varian menu pendamping beras terbanyak dan atas rekor lomba masak menu pendamping beras secara serentak dengan peserta terbanyak.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya: