Hitamnya Hitam

The Dinner Set Gang: Geng Pencuri Paling Terkenal di AS

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Minggu, 09 Jan 2022 18:19 WIB
Salermo dan Latella, pemimpin Dinner Set Gang dari kanan (dinnersetgang.com)
Foto: Salermo dan Latella, pemimpin Dinner Set Gang dari kanan (dinnersetgang.com)
Jakarta -

The Dinner Set Gang adalah salah satu geng pencuri yang paling terkenal di Amerika Serikat (AS). Teknik mereka dalam mencuri bahkan diadopsi oleh para pencuri lain di Amerika Serikat, yakni mencuri saat sedang makan malam.

Dilansir CBS News, geng pencuri ini didirikan dan dipimpin oleh Peter Salerno. Salerno juga dibantu oleh saudara iparnya, Dominick Latella yang bertugas menjadi pengintai dan mengatur logistik. Jumlah personel ini selalu berganti-ganti, namun semuanya selalu dikoordinir oleh Salerno dan Latella.

The Dinner Set Gang pernah begitu jaya di era 1960-an hingga 1970-an. Mereka biasanya mencuri permata mahal milik orang-orang kaya di AS.

Alih-alih merampok orang kaya saat mereka pergi ke luar kota, geng ini justru mencuri saat para orang kaya sedang makan malam. Itu sebabnya polisi menjuluki mereka 'The Dinner Set Gang'.

Biasanya mereka berpura-pura sebagai tamu undangan di acara makan malam itu dan mengikuti segala macam etiket makan malam a la orang kaya. Cara ini efektif untuk menghilangkan kecurigaan. Di sanalah geng ini bisa menyikat habis harta incarannya, yang biasanya adalah permata mahal.

Menariknya, Salerno tahu betul lokasi para orang kaya menyimpan permata mahalnya, yakni di lantai dua. Saat Salerno melancarkan aksinya di atas, Latella bertugas memasang mata untuk mengawasi orang-orang yang naik ke tangga. Untuk memberikan peringatan, Latella menggunakan peluit kecil. Salerno juga memiliki insting yang begitu tajam. Ia tahu ketika keadaan sedang membahayakan.

Meskipun namanya begitu terkenal, aksi geng ini sukar terdeteksi di masa itu.

Simak juga 'Penggerebekan Besar-besaran Geng Kriminal di Brooklyn':

[Gambas:Video 20detik]