Begal Aniaya-Rampas Motor Penyapu Jalan di Medan Ditangkap!

Ahmad Arfah Fansuri - detikNews
Minggu, 09 Jan 2022 17:26 WIB
Ilustrasi Begal, Rampok, Jambret. Andhika Akbarayansyah/infografis.
Ilustrasi (Andhika Akbarayansyah/detikcom)
Medan -

Tim Siluman dari Ditreskrimum Polda Sumut menangkap 39 pelaku kejahatan di sejumlah daerah. Begal yang memukul dan mencuri sepeda motor penyapu jalan di Medan turut ditangkap.

"Puluhan pelaku kejahatan yang ditangkap ini di antaranya terbukti melakukan aksi begal terhadap petugas kebersihan Kota Medan di Jalan Pinus Raya, Kompleks DPRD, Kecamatan Medan Timur," ucap Kabid Humas Polda Sumut Kombes Hadi Wahyudi Minggu, (9/1/2022).

Hadi mengatakan penangkapan ini dilakukan tim pada 3-9 Januari 2021. 39 orang ini merupakan tersangka dari 30 kasus kriminal yang terjadi.

"Dari 30 kasus kejahatan yang diungkap itu, tim yang dibentuk Dirreskrimum Kombes Tatan Dirsan Atmaja meringkus 39 tersangka dari beberapa wilayah di Kota Medan, Tebingtinggi, Binjai, Belawan, Deliserdang, Langkat dan beberapa Kota lainnya," katanya.

Dari 39 tersangka itu, kata Hadi, 5 orang ditembak di bagian kaki karena melawan petugas saat hendak ditangkap. Hadi meminta masyarakat yang mendapatkan gangguan dari pelaku kejahatan segera melapor.

"Diharapkan dengan adanya tim ini masyarakat dapat menjalankan aktivitasnya saat di luar rumah dengan aman tanpa ada gangguan terhadap aksi-aksi kejahatan, dan segera melaporkan kepada kami," jelasnya.

Kondisi Rahma setelah menjadi korban viral di media sosial. Dilihat detikcom, Senin (3/1), dalam unggahan, disebutkan Rahma dibegal di Jalan Pinus, Kompleks DPR, Medan Timur. Sebelumnya diberitakan, seorang penyapu jalan bernama Rahma Hasibuan menjadi korban begal. Rahma dipukul dan motornya diambil oleh pelaku.

Dalam unggahan itu, turut dilampirkan foto Rahma dengan kondisi wajah penuh luka lebam. Rahma disebut sudah membuat laporan terkait peristiwa ini.

"Alhamdulillah Pak Asmum Kota Medan dan Pak Camat Medan Timur langsung menjenguk ibu petugas kebersihan di rumah sakit Imelda," demikian narasi dalam unggahan itu.

Camat Medan Timur, Noor Alfi Pane, saat dimintai konfirmasi mengatakan peristiwa itu terjadi pada Minggu (2/1) kemarin. Alfi mengatakan korban dibegal pada pukul 06.00 WIB.

"Pagi jam 06.00 WIB, saat mau kerja di Kelurahan Bengkel," ucap Alfi.

(afb/mud)