Poin-poin Pernyataan Lily Wahid soal Pengakuan Ferdinand Mualaf

ADVERTISEMENT

Poin-poin Pernyataan Lily Wahid soal Pengakuan Ferdinand Mualaf

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 09 Jan 2022 08:31 WIB
Lily Chodidjah Wahid (dok detikcom)
Foto: Lily Chodidjah Wahid (dok detikcom)
Jakarta -

Adik kandung Gus Dur, Lily Chodidjah Wahid, angkat bicara terkait cuitan 'Allahmu ternyata lemah' yang dibuat Ferdinand Hutahaean. Lily Wahid ogah cuitan tersebut disamakan dengan ucapan Gus Dur 'Tuhan tak perlu dibela'.

Kasus ini berawal dari cuitan Ferdinand Hutahaean di akun Twitternya, @FerdinandHaean3. Dia sempat mencuit soal 'Allahmu ternyata lemah'. Cuitan itu dibuat Selasa (4/1). Namun cuitan itu kini sudah dihapus.

"Kasihan sekali Allahmu ternyata lemah, harus dibela. Kalau aku sih Allahku luar biasa, maha segalanya, Dialah pembelaku selalu dan Allahku tak perlu dibela," bunyi cuitan Ferdinand.

Meski cuitan itu sudah dihapus, sejumlah netizen meng-capture kicauan Ferdinand di akun Twitternya. Netizen bereaksi dengan tagar TangkapFerdinand.

Ferdinand kemudian memberikan penjelasan soal cuitannya itu. Dia mengaku cuitannya dialog imajiner. Ferdinand lalu mengaku telah menjadi pemeluk agama Islam (mualaf).

"Saya sedih ya. Saya memang tak pernah mendeklarasikan diri saya, saya sudah mualaf saya ini. 2017 saya mualaf didampingi oleh Bu Lily Wahid. Adiknya Gus Dur almarhum. Tapi saya tidak perlu mendeklarasikan itu. Tetapi orang dekat saya tahu saya seorang muslim. Saya seorang mualaf," tuturnya.

Kepada detikcom, Lily Wahid membeberkan sejumlah poin terkait kontroversi cuitan Ferdinand Hutahaean. Berikut poin-poin pernyataan Lily Wahid:


1. Akui Mualaf

Lily Wahid membenarkan klaim Ferdinand. Lily mengatakan dirinya saat itu kebetulan menyaksikan prosesi Ferdinand menjadi mualaf.

"Ya, kebetulan waktu dia bersyahadat disaksikan di depan kiai, saya kebetulan menyaksikan. Dan saat itu saya pikir dia serius ingin jadi mualaf. Tapi di dalam hatinya siapa yang tahu," kata Lily, Jumat (7/1/2022).

Lily mengaku mengikuti prosesi Ferdinand menjadi mualaf dari awal sampai akhir. Namun dia heran terhadap sikap Ferdinand.

"Dari awal sampai akhir saya ikuti. Saya waktu itu saya anggap serius saya. Tapi ternyata makin ke sini makin nggak karuan lah," ujar dia.

Selengkapnya di halaman berikutnya

Simak Video 'Senin Besok! Bareskrim Periksa Ferdinand Hutahaean':

[Gambas:Video 20detik]



2. Tolak Disamakan Gus Dur

Dia mengatakan kalimat Gus Dur soal 'Tuhan tak perlu dibela' punya makna mendalam. "Kalau (pendapat) saya, Gus Dur itu mengucapkan begitu itu dengan pengertian yang sangat dalam soal agama," ujar Lily.

Lily mengatakan Ferdinand tak punya hak membicarakan hal itu. Dia menilai Ferdinand tak punya pemahaman mendalam soal Islam.

"Kalau dia (Ferdinand) tak punya hak untuk membicarakan hal itu. Pernyataan Gus Dur dengan dia beda sekali. Dia (Ferdinand) cuma ikut-ikut aja cuma untuk membangun opini orang terhadap dialah," ucap dia.

3. Dukung Proses Hukum

Lily mendukung proses hukum yang tengah dihadapi Ferdinand. Dia juga mengatakan Ferdinand tidak selevel dengan Gus Dur saat bicara soal Islam.

"Menurut saya, biar saja hukum. Jadi ada pembelajaran buat dia sendiri karena sembarangan ngomong-nya," ucapnya.

"Kalau mau selevel Gus Dur bicara tentang hubungan Islam tak ada haknyalah, dia tak mengerti apa-apa," tambah Lily.

Saksikan juga: Tangis Rindu Pak Ogah Pada Pak Raden

[Gambas:Video 20detik]



(isa/gbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT