15 Anak Panti di Medan Dilarikan ke Puskesmas Gegara Muntah-muntah

Datuk Haris Molana - detikNews
Sabtu, 08 Jan 2022 15:48 WIB
Anak-anak Panti Asuhan di Puskesmas Medan
Anak-anak panti asuhan di Puskesmas Medan (Datuk Haris/detikcom)
Medan -

Sebanyak 14 anak-anak dan 1 orang dewasa di salah satu panti asuhan di Medan, Sumatera Utara (Sumut), muntah-muntah dan diare setelah menyantap makanan. Mereka pun langsung dilarikan ke puskesmas.

Pantauan detikcom, Sabtu (8/1/2022), belasan anak-anak berusia 3-18 tahun itu dirawat di Puskesmas Medan Area Selatan. Ada sebagian dari mereka juga tampak dipasang selang infus.

Plh Kepala Puskesmas Medan Area Selatan, dr Devrinawati, mengatakan ada 15 orang, 1 di antaranya orang dewasa, yang mengalami muntah-muntah. Mereka datang pada pukul 10.00 WIB tadi dan langsung ditangani oleh petugas.

"Keluhan banyak yang muntah-muntah, semua sudah kita obati. Semua sudah terkendali," kata Devrinawati kepada wartawan.

Devri belum mengetahui secara pasti penyebab pasiennya itu muntah-muntah. Namun, menurut informasi yang diterima, mereka muntah setelah menyantap makanan malam tadi.

"Saya kurang tahu, datang kemari dengan keluhan muntah-muntah. Mereka katanya ada makan tadi malam. Paginya baru mulai semuanya mengalami muntah-muntah. Reaksinya pagi, malamnya nggak katanya," ucap Devri.

Devri menyebut pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak kelurahan. Nantinya petugas bakal mengunjungi panti asuhan tersebut untuk melakukan pengecekan.

Devri juga bakal berkoordinasi dengan pihak Dinas Kesehatan Medan untuk pengambilan sampel makanan.

"Nanti saya koordinasi dulu dengan Dinkes," ucap Devri.

Lihat juga video '93 Santriwati di Brebes Muntah-Diare Usai Santap Makanan Bantuan':

[Gambas:Video 20detik]



(dhm/zap)