Damkar Amankan Biawak Masuk Rumah Warga Bogor, Danru Kena Cakar

Rizky Adha Mahendra - detikNews
Sabtu, 08 Jan 2022 10:06 WIB
Petugas damkar mengevakuasi biawak dari rumah warga di Bogor (Dok. Damkar Kabupaten Bogor)
Petugas Damkar mengevakuasi biawak dari rumah warga di Bogor. (Foto: dok. Damkar Kabupaten Bogor)
Bogor -

Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bogor mengevakuasi biawak berukuran 1 meter di pekarangan rumah warga di Desa Cilebut Barat, Sukaraja, Bogor. Petugas kena cakar biawak dalam proses evakuasinya.

Kejadian bermula saat warga mendengar ada sesuatu yang jatuh dari plafon di rumahnya pada Jumat (7/1). Rupanya, ada biawak yang terjebak di dalam rumah warga saat hujan.

Warga yang merasa khawatir pun langsung melapor ke Damkar. Evakuasi oleh petugas Damkar mulai dilakukan sejak sekitar pukul 16.00 WIB.

Dalam proses evakuasinya, petugas mendapat perlawanan saat hendak mengevakuasi biawak lantaran ukurannya yang besar. Komandan regu (danru) petugas terkena cakar biawak.

Biawak ukuran 1 meter yang dievakuasi petugas damkar di Bogor (Dok. Damkar Kabupaten Bogor)Biawak 1 meter yang dievakuasi petugas Damkar di Bogor. (Foto: dok. Damkar Kabupaten Bogor)

"Sempat ada kesulitan juga sih. Karena memang biawaknya gede. Terus sudah keluar kuku panjangnya juga. Kebetulan danru saya dicakar. Dia sempat agak berontak juga," kata anggota Regu 1 Rescue Damkar Kabupaten Bogor, M Safei, saat dihubungi, Sabtu (8/1/2022).

Setelah dievakuasi, biawak itu diamankan di kantor Damkar Kabupaten Bogor. Safei menyebut biawak tersebut bakal dilepas.

Namun biawak itu akan dijadikan sarana edukasi terlebih dahulu kepada masyarakat tentang bagaimana cara menghadapi biawak dengan tenang.

"Ini sih paling dilepas. Tapi sementara ini untuk sosialisasi paling di kantor saja," imbuhnya.

(drg/jbr)