Cerita soal Kambing Datang Merumput-Pulang Sendiri di Venue Formula E Ancol

Wildan Noviansah - detikNews
Jumat, 07 Jan 2022 17:32 WIB
Venue Formula E di Ancol, Jakut.
Venue Formula E di Ancol, Jakut. (Wildan/detikcom)
Jakarta -

Ketum PSI Giring Ganesha kejeblos dan menemukan kambing saat meninjau venue Formula E di Ancol, Jakarta Utara (Jakut). Warga sekitar menceritakan kondisi venue Formula E itu.

Pantauan di lokasi, Jumat (7/1/2022), tampak kurang-lebih 40 ekor kambing yang datang dari pintu masuk arah Jalan Raya Ancol Baru. Salah seorang warga yang berjualan di sekitar lokasi pembangunan sirkuit, Niken (31), mengatakan kambing-kambing tersebut biasa dilepas di lokasi yang akan menjadi venue Formula E tersebut.

"Nggak ada pemiliknya, kambingnya datang ke sini nanti pulang lagi," kata Niken saat ditemui, Jumat (7/1/2022).

Niken menyebut sudah lama calon venue tersebut menjadi tempat kambing-kambing memakan rumput. Biasanya kambing mulai dilepas pada pukul 15.00-18.00 WIB.

"Dari dulu kambing suka nyari makan di sini, biasanya dilepas jam 15.00 WIB," ujar Niken.

Pantauan detikcom, tak ada gembala yang ditemukan di lokasi kambing-kambing memakan rumput. Kambing-kambing itu memakan rumput secara berpencar di lokasi tersebut.

Tanah Mudah Amblas karena Bekas Kali

Niken mengatakan kawasan yang akan dibangun sirkuit Formula E dulunya merupakan kali. Kondisi itu membuat tanah di lokasi tersebut basah dan mudah amblas.

"Dulu di sepanjang sini kali, jadi ya gini tanahnya amblas dan basah," ujarnya.

Pada hari ini tak tampak pekerja pembangunan sirkuit Formula E di lokasi ini. Niken mengatakan sejumlah pekerja sempat menguruk atau menimbun sungai di kawasan itu.

"Belum ada yang kerja, tapi kemarin-kemarin sempet ada sih itu juga yang nguruk kalinya kan," tambah Niken.

(idn/idn)