Kemendagri Minta Tunda Dinas LN, M Taufik: Masa Studi Banding ke Brebes?

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Kamis, 06 Jan 2022 20:08 WIB
M Taufik (Wilda Hayatun Nufus/detikcom).
M Taufik (Wilda Hayatun Nufus/detikcom)
Jakarta -

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) meminta Pemprov dan DPRD DKI Jakarta menunda dinas ke luar negeri demi mencegah Corona varian Omicron. Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta M Taufik mempertanyakan alasan Kemendagri melarang pihaknya pergi ke luar negeri.

"Kita mau nanya ke Kemendagri, alasannya apa? Kan boleh dong ditanyakan," kata M Taufik saat dihubungi, Kamis (6/1/2022).

"Kalau Omicron-nya kelar terus kita nggak anggarkan, berarti nggak bisa ke luar negeri dong?" sambungnya.

Taufik menilai kunjungan kerja ke luar negeri setahun sekali masih diperlukan pada 2022. Menurutnya, studi banding perlu dilakukan untuk mendatangi kota sahabat atau sister city.

"Studi banding itu nggak mungkin kan ke Brebes? Masa studi banding ke Brebes? Ya harus ke sister city kalau studi banding. Iya (luar negeri), itu kan cuma sekali setahun," jelasnya.

Taufik mengaku tak mempermasalahkan jika anggaran perjalanan dinas luar negeri tidak jadi digunakan karena kebijakan pemerintah. Menurutnya, anggaran yang tidak digunakan bakal masuk ke sisa lebih pembiayaan anggaran tahun berkenaan (Silpa).

"Ya nggak apa-apa, kan duitnya nggak hilang. Emang duitnya hilang? Kan nggak," ujar politikus Gerindra ini.

Sebelumnya, permintaan Kemendagri itu tertuang dalam surat keputusan tentang Evaluasi Rancangan Perda APBD DKI Jakarta Tahun 2022 dan Rancangan Peraturan Gubernur DKI Jakarta tentang Penjabaran APBD 2022.

"Guna mencegah terjadinya penularan COVID-19 varian Omicron di Indonesia, Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta diminta menunda pelaksanaan perjalanan dinas ke luar negeri," demikian bunyi surat hasil evaluasi rancangan Perda APBD DKI Jakarta tahun 2022 yang dilihat, Kamis (6/1).

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.