ADVERTISEMENT

Hakim di Sidang Azis Bercanda soal Caleg Gagal Tarik Bantuan dari Masjid

Zunita Putri - detikNews
Kamis, 06 Jan 2022 19:18 WIB
Jakarta -

Hakim anggota Fahzal Hendri berkelakar dalam sidang pemeriksaan saksi a de charge atau saksi meringankan di sidang lanjutan Azis Syamsuddin. Seperti apa?

Pihak Azis Syamsuddin menghadirkan Irawan Dimyati, seorang warga Bojong Awi Kaler, Jawa Barat. Irawan dalam sidang ini mengaku pernah meminta bantuan Azis Syamsuddin untuk mendirikan empat masjid di wilayahnya.

Irawan mengatakan saat itu Azis membantu pembangunan empat masjid itu tanpa pamrih. Saat itu Irawan menyebut Azis sudah menjadi anggota DPR RI.

Setelah bercerita tentang kebaikan Azis dalam sidang, hakim anggota Fahzal Hendri lantas bertanya kepada Irawan apakah bantuan itu berkaitan dengan Dapil Azis saat menjadi anggota DPR. Irawan pun membantah. Menurut Irawan, bantuan Azis tidak berkaitan dengan pencoblosan. Sebab, dapil Azis bukan di Jawa Barat, melainkan di Lampung.

Hakim Fahzal pun berkelakar tentang keikhlasan Azis membantu pembangunan empat masjid itu.

"Ikhlas itu dia memberikan? Artinya ikhlas nggak? Atau ada hubungannya sama politik gitu loh, ada juga orang yang menyumbang itu kan untuk meraih suara. Kalau dia kalah, dia ambil lagi sumbangannya, ha-ha-ha... bener nggak? Ada itu, nah ketawa sendiri itu, ada yang itu, berikan ke masjid apa namanya tikar, karpet, dia kalah dia ambil lagi karpetnya, tapi di tempat lain," kelakar hakim Fahzal dalam sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakpus, Kamis (6/1/2022).

Saat hakim Fahzal bercanda seperti ini, terlihat Azis turut menganggukkan kepala. Azis dan beberapa tim pengacara juga terlihat tertawa.

"Ini dapil Terdakwa bukan di situ?" tanya hakim Fahzal dan dijawab Irawan 'bukan'.

Irawan juga mengaku tidak tahu berapa dana yang dikeluarkan Azis untuk membantu pembangunan empat masjid itu. Menurutnya, bukan hanya Azis yang menyumbang untuk masjid, tapi warga sekitar juga menyumbang.

Irawan juga mengatakan saat ini empat masjid itu sudah berdiri. Lokasinya, dua masjid di Bojong Awi Kaler dan dua lainnya di Bojong Awi Kidul.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya:



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT