Testimoni Salah Satu Penggugat Yusuf Mansur: Saya Sakit Hati

Khairul Ma'arif - detikNews
Kamis, 06 Jan 2022 15:54 WIB
Penggugat Ustaz Yusuf Mansur, Lili
Penggugat Ustaz Yusuf Mansur, Lili (Khairul Ma'arif/detikcom)
Jakarta -

Lili mengaku rela datang dari Boyolali ke Tangerang terkait gugatannya terhadap Ustaz Yusuf Mansur. Dia mengaku sakit hati.

Usai persidangan gugatan perdata terhadap Yusuf Mansur, Lili angkat bicara. Yusuf Mansur sendiri digugat perdata terkait dugaan wanprestasi.

"Kalau ingat ini saya sakit hati, awalnya itu bilang mau membangun Indonesia, kita mau bikin hotel yang nanti fungsinya untuk transitnya para jemaah haji, terus juga transitnya para wali santri yang nyantri di tempatnya (Ustaz Yusuf Mansur). Saya transfer waktu itu antara Mei-Juni 2013, itu dari uang PHK saya," tutur Lili sambil terisak-isak tangis di Pengadilan Negeri (PN) Tangerang, Kamis (6/1/2022).

Lili mengaku telah menyetorkan uang sebesar Rp 12 juta untuk investasinya. Uang itu digelontorkannya pada 2013.

"Saya sudah tua pengin punya usaha, tapi karena saya nggak tahu harus usaha apa, ada tawaran seperti itu akhirnya saya ambil, saya transfer 12 juta cash langsung, saya datang ke kantornya di Ketapang lokasinya kecil sekali di pojok saya ke sana isi data terus saya disuruh transfer, setelah transfer buktinya disuruh foto, waktu itu masih pakai BBM," bebernya.

Lanjutnya, dia menceritakan dijanjikan diberikan bukti sertifikat keikutsertaannya dalam rentang waktu paling lama satu bulan. Lili mengaku, saat diterima dalam sertifikat tersebut, tertera ada keuntungan sekitar 8 persen yang dibagikan kepada investor setiap tahun.

"Tapi saat ini belum diberikan. Terus juga ada janji bahwa nanti setiap tahun investor itu berhak menginap di hotel siti selama 12 hari dalam 1 tahun. Saya tertarik, saya ikut. Tapi setelah berjalan lama tidak ada kabar. Setiap nanya tidak diinformasi yang jelas. Saya WA tidak ada balasan, tidak ada yang namanya grup investor itu tidak ada sama sekali. Sudah lama pokoknya setelah saya ikut menginvestasikan gada yang namanya dihubungi memberitahukan kondisi hotel seperti ini, pembangunan hotel seperti ini," ucapnya.

Akhirnya pada 2015 Lili meminta uang itu dikembalikan karena ingin dipakai untuk anaknya sekolah. Dia juga mengatakan bahwa belum pernah sekalipun menggunakan haknya menginap di hotel tersebut.

"Saat 2015 saya butuh uang untuk daftar anak sekolah mau naik kelas jadi harus daftar ulang, saya minta uang itu. Dari awal berdiri, saya tidak pernah menggunakan hak saya untuk menginap di hotel itu, padahal mereka janji dalam satu tahun, investor itu berhak 12 hari," ucapnya.

Lili berujar uangnya sudah dikembalikan seluruhnya tetapi dibayarkan sebanyak dua kali. Meski begitu, perjuangannya agar uangnya kembali butuh proses yang panjang.

"Yang pertama itu Desember 2020 Rp 6,6 juta, terus yang kedua Januari 2021 Rp 5,5 juta. Ketika saya minta uang saya balik, di Facebook juga saya di-bully netizen," jelasnya.

Sebelumnya Ustaz Yusuf Mansur memohon doa untuk menghadapi perkara-perkara itu. Setidaknya ada 3 gugatan perdata yang ditujukan pada Ustaz Yusuf Mansur. Salah satunya terkait wanprestasi yang sidang perdananya berlangsung pada hari ini, Kamis (6/1/2022) di Pengadilan Negeri (PN) Tangerang.

Persidangan berlangsung singkat karena majelis hakim meminta perbaikan alamat. Sidang pun ditunda hingga Kamis, 13 Januari 2022.

Selepas sidang, pengacara Yusuf Mansur bernama Ariel Mohtar menyampaikan pesan dari Yusuf Mansur. Apa katanya?

"Tadi pesan Ustaz Yusuf Mansur minta didoakan agar lancar dan semuanya diberikan yang terbaik. Bisa dilihat di sosial medianya beliau banyak bicara terkait yang sudah dialaminya. Beliau selalu kooperatif terhadap proses hukum," kata Ariel kepada wartawan di PN Tangerang, Kamis (6/1/2022).

Ustaz Yusuf Mansur sendiri tidak hadir langsung karena telah memberikan kuasa pada Ariel. Berkaitan dengan gugatan, Ariel enggan berbicara banyak.

"Wanprestasinya soal apa silakan detailnya tanyakan ke penggugat karena ini masih awal sekali dan itu wilayah dalil penggugat. Nanti pada saat kami sudah ada waktu untuk menjawab menyampaikan eksepsi nanti akan kami sampaikan," ucapnya.

Lihat juga Video: Di Tengah Tudingan Penipu, Yusuf Mansur IPO 7 Perusahaan

[Gambas:Video 20detik]