Banjir Aceh Utara-Tamiang Belum Surut, Ribuan Warga Masih Ngungsi

ADVERTISEMENT

Banjir Aceh Utara-Tamiang Belum Surut, Ribuan Warga Masih Ngungsi

Agus Setyadi - detikNews
Kamis, 06 Jan 2022 15:06 WIB
Banjir di Aceh Utara dan Tamiang meluas
Banjir di Aceh Utara dan Tamiang meluas (Foto: Istimewa)
Aceh -

Banjir luapan di sejumlah kecamatan di Aceh Utara dan Aceh Tamiang hingga kini belum surut. Ribuan warga masih mengungsi di titik-titik pengungsian.

Berdasarkan data dirilis Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), wilayah di Aceh Utara yang masih tergenang antara lain Matangkuli, Lhoksukon, Pirak Timu, Tanah Luas, Samudera, Geurudong Pase, Baktiya Barat dan Tanah Pasir. Air masih merendam pemukiman warga serta sejumlah fasilitas publik.

Banjir di wilayah Aceh Utara telah menggenangi rumah warga hampir sepekan. Ketinggian air disebut bervariasi hingga mencapai dua meter.

"Data sementara 1.111 rumah terendam banjir. Selain itu, areal persawahan di beberapa desa juga ikut terendam," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Ilyas dalam keterangan kepada wartawan, Kamis (6/1/2022).

Menurutnya, banjir juga menyebabkan tergesernya jembatan dari pondasi di Dusun Lubuk Tilam dan Dusun Batu Ular. Jembatan tersebut merupakan akses menuju makam Cut Meutia.

Satu tanggul di Paya Berandang juga disebut jebol akibat banjir. Menurutnya, banjir di Aceh Utara terjadi akibat hujan deras yang mengguyur daerah tersebut sehingga mengakibatkan meluapnya air sungai.

"24.332 warga mengungsi akibat banjir tersebut," ujar Ilyas.

Sementara di Aceh Tamiang, banjir masih merendam desa di Kecamatan Tamiang Hulu, Karang Baru, Manyak Payed, Seruway, Kejuruan Muda, Bendahara, Banda Mulia dan Kota Kuala Simpang. Beberapa kecamatan lain air mulai surut.

Banjir di Aceh Tamiang mulai merendam rumah warga sejak Minggu (2/1). Ilyas menyebut jumlah pengungsi di wilayah tersebut belasan ribu orang.

"Jumlah pengungsi 11.423 dari delapan kecamatan terdampak banjir," ujar Ilyas.

(agse/mud)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT