KPK Periksa 13 Orang Termasuk Rahmat Effendi Buntut OTT

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Kamis, 06 Jan 2022 15:02 WIB
Gedung baru KPK
Gedung KPK (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

KPK telah melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi. Kini total ada 13 orang yang diperiksa secara intensif buntut dari OTT KPK ini.

"Karena itu, kami sampaikan ada 13 orang. Ada 13 orang yang saat ini masih dimintai keterangan secara intensif," kata Ketua KPK Firli Bahuri kepada detikcom, Kamis (6/1/2022).

Firli mengatakan pihak-pihak tersebut masih diperiksa. KPK nantinya akan segera mengumumkan status hukum pihak-pihak tersebut.

"Pemeriksaan masih berlanjut, mohon bersabar. Nanti kami akan sampaikan saat konferensi pers," ujarnya.

Sebelumnya, KPK melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi. KPK menduga Rahmat Effendi terlibat dalam kasus dugaan suap jual-beli jabatan serta pengadaan barang dan jasa.

"Informasi yang kami peroleh, tangkap tangan ini terkait dugaan korupsi penerimaan janji atau hadiah pengadaan barang dan jasa serta lelang jabatan di lingkungan Pemkot Bekasi," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan, Kamis (6/1).

Ali mengatakan KPK akan segera menginformasikan dugaan kasus ini. Kini pihak-pihak masih dalam proses pemeriksaan oleh penyidik.

"Perkembangannya akan kami informasikan lebih lanjut," katanya.

Selanjutnya, Ali menyebut ada 12 orang total yang diamankan saat OTT pada Rabu (5/1), di antaranya ASN Pemkot dan pihak swasta.

"Dalam kegiatan tangkap tangan ini, KPK mengamankan beberapa pihak, sejauh ini ada sekitar 12 orang," ujarnya.

"Di antaranya Wali Kota Bekasi, ASN Pemkot Bekasi, dan beberapa pihak swasta," tambahnya.

Simak juga Video: Prihatin Walkot Bekasi Kena OTT KPK, Ridwan Kamil Ingatkan Integritas

[Gambas:Video 20detik]



(azh/mae)