Pamer Capaian Vaksinasi 2021, Menlu: Indonesia ke-5 Terbesar di Dunia

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Kamis, 06 Jan 2022 14:52 WIB
Menlu Retno LP Marsudi
Menlu Reto Marsudi (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi memamerkan capaian vaksinasi COVID-19 Indonesia selama 2021. Dia menyebut Indonesia masuk lima besar capaian vaksinasi tertinggi di dunia dengan 270 juta dosis suntikan vaksin.

"Sepanjang 2021 berbagai langkah diplomasi terus dilakukan baik secara bilateral, regional maupun multilateral. Pertama tentunya untuk memenuhi kebutuhan vaksin rakyat Indonesia, alhamdulillah menjelang akhir Desember 2021 Indonesia telah menyuntikkan lebih dari 270 juta dosis vaksin, kelima terbesar di dunia setelah RRC, India, Amerika dan Brazil," kata Retno saat menyampaikan keterangan pers tahunan secara virtual, Kamis (6/1/2022).

Retno menuturkan 20 persen lebih vaksin yang diterima Indonesia berasal dari Covax maupun sharing dari negara-negara sahabat. Dia menyebut pada akhir tahun 2021 Indonesia juga telah memenuhi target 40 persen vaksinasi yang ditetapkan WHO .

"Dari semua vaksin yang diterima Indonesia, lebih dari 20,5 persen berasal dari Covax maupun dukungan do sharing negara sahabat. Pada 22 Desember 2021 Indonesia telah memenuhi target WHO melakukan vaksinasi penuh terhadap 40 persen penduduknya. Tantangan selanjutnya adalah memenuhi target 70 persen vaksinasi penuh dari total populasi pada pertengahan 2022," tuturnya.

Retno menyampaikan Indonesia juga terus mengupayakan adanya kesetaraan akses vaksinasi bagi seluruh negara. Perjuangan tersebut kata Retno, dibawa Indonesia ke semua forum seperti Covax amc engagement group.

"Indonesia juga terus memperjuangkan kesetaraan akses vaksin bagi semua negara. Perjuangan ini dibawa Indonesia pada semua forum internasinal. Sebagai salah satu Covax amc engagement group, Indonesia ikut bekerja memperjuangkan kesetaraan vaksin di tengah segala kesulitan dan tantangan. Sampai minggu keempat Desember 2021 Covax vasilities telah berhasil menyalurkan vaksin sejumlah 811 juta dosis kepada 144 negara dan entitas," ujarnya.

Retno mengatakan Indonesia juga mendorong berbagai inisiatif ASEAN dalam mengatasi pandemi COVID-19 di tahun 2022. Tak hanya itu, Retno menyebut Indonesia juga mendukung perkuatan mekanisme ketahanan serta kesehatan kawasan.

"Ke depannya Covax akan memperkuat infrastruktur distribusi logistik dan kapasitas tenaga kesehatan di negara penerima. Di tingkat kawasan sebagai ketua badan sektor kerjasama kesehatan ASEAN untuk 2021, Indonesia memimpin dan mendorong berbagai inisiatif ASEAN dalam mengatasi pandemi dan memperkuat mekanisme ketahanan, kesehatan kawasan. Untuk tahun 2022, diplomasi kesehatan akan terus menjadi prioritas indonesia. Pandemi COVID-19 mengajarkan kita untuk memperbaiki ketahanan kesehatan nasinoal dan global," imbuhnya

(dek/tor)