detikcom Do Your Magic

detikcom Do Your Magic: Before-after Pembersihan Galian Sumur Resapan Senen

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 06 Jan 2022 14:51 WIB
Masalah sumur resapan di Senen.
Foto: Luthfy Syahban/detikcom
Jakarta -

Pemerintah Kota Jakarta Pusat membersihkan sisa galian sumur resapan di Jl Kompleks Pendidikan, Salemba, Senen. Kondisi jalan yang rusak dan bergelombang karena tanah, kini sudah bersih.

Pada Selasa (4/1), Kondisi belakang SMPN 126 Jakpus itu berantakan. Tumpukan sisa galian ditumpuk sembarang hingga menutup jalan paving block.

Jalan rusak di Senen, Jakarta Pusat (Rakha Arlyanto Darmawan/detikcom)Jalan rusak di Senen, Jakarta Pusat (Rakha Arlyanto Darmawan/detikcom) Foto: Jalan rusak di Senen, Jakarta Pusat (Rakha Arlyanto Darmawan/detikcom)

Sumur resapan sudah terpasang. Namun, kontraktor, PT Duta Sarana Perkasa, tidak menyelesaikan pembersihkan dan membiarkan gundukan tanah hingga dahan berserak di lokasi.

Pada Rabu (6/1) sore, Pemkot Jakpus membersihkan jalan tanpa bantuan dari pengembang. Petugas dari Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Utara, dan PPSU menyemprot air melalui selang, ke area jalan.

Pembersihan sisa galian sumur resapan di Salemba Jakarta Pusat.Pembersihan sisa galian sumur resapan di Salemba Jakarta Pusat. Foto: dok. istimwa

Bagaimana perbandingan sebelum dan setelah atau before and after pembersihan di Jl Kompleks Pendidikan.

Kondisi Jalan

Before

Pantauan detikcom di lokasi pukul 11.30 WIB, Selasa (4/1), jalan tersebut terpantau dalam kondisi berantakan. Tampak gundukan tanah bekas proyek sumur resapan dibiarkan berada di tengah jalan.

Selain itu, tampak dahan pohon melintang di tengah jalan hingga menutupi setengah badan jalan. Terlihat pula, sejumlah paving block berserakan di sisi jalan.

Jalan rusak di Senen, Jakarta Pusat (Rakha Arlyanto Darmawan/detikcom)Jalan rusak di Senen, Jakarta Pusat (Rakha Arlyanto Darmawan/detikcom) Foto: Jalan rusak di Senen, Jakarta Pusat (Rakha Arlyanto Darmawan/detikcom)

Tampak di sumur resapan tersebut tertulis 'Dinas Sumber Daya Air Pemerintah Provinsi DKI Sumur Resapan Tahun Anggaran 2021'. Kemudian, tertulis pula pelaksana sumur resapan tersebut oleh PT Duta Sarana Perkasa.


After

Pada Kamis (6/1/2022) jalanan yang sebelumnya kotor, kini telah dibersihkan. Bagian dinding belakang SMPN 126 yang tadinya terkena tumpukan tanah merah pun telah kembali bersih.

Tutup sumur resapan pun telah dipasang di titik lokasi sebanyak 14 buah. Kendaraan bisa melalui jalan tersebut tanpa harus melewati hambatan.

Ranting dan dahan pohon yang berserakan di lokasi pun sudah dihilangkan.

Kondisi sumur resapan di Salemba, Senen usai dibersihkan.Kondisi sumur resapan di Salemba, Senen usai dibersihkan. Foto: Marteen Ronaldo/detikcom
(aik/dnu)