ADVERTISEMENT

Cerita Warga Dukuh Mrica Terpaksa Beli Air Bersih, Kamu Bisa Bantu Mereka!

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 06 Jan 2022 13:02 WIB
Warga Dukuh Mrica
Foto: Dok. berbuatbaik.id
Jakarta -

Warga Dukuh Mrica Desa Binangun, Karanggayam, Kebumen, Jawa Tengah kini menantikan adanya sumber air bersih di tempat mereka. Jika kemarau tiba, warga dukuh terpaksa harus membeli air ke dukuh atau desa lain.

"Pernah kami kekeringan lebih dari 3 bulan. 2019 paling parah sampai kekeringan. Jadi warga sampai tidak mandi 1 hari. Penampungan air di sini akhirnya cuma untuk minum saja yang dibagikan rata untuk seluruh warga, mandi dan cuci harus beli ke tetangga yang punya stok air," kata Ali, salah satu warga di dusun tersebut kepada berbuatbaik.id beberapa waktu lalu.

Ali menuturkan bahkan saat tidak bisa mandi karena krisis air, dia dengan anak-anak muda yang lain terpaksa harus ke kota yang jaraknya setengah jam dengan sepeda motor. Di sana mereka bisa mandi di SPBU atau masjid.

Hal itu terjadi saat bantuan air datang terlambat. Biasanya bantuan datangnya dari desa terdekat, mereka membeli air per toren yang dibanderol mulai Rp 200 ribu.

"Sebenarnya itu sosial saja, jadi uang itu untuk ganti uang bensin mobil," sambungnya.

Selama ini, kata Ali, warga hanya memanfaatkan sumber mata air dari gunung yang dialirkan ke penampungan serupa bak besar. Sumber mata air ini pun jauh hingga sekitar 4 kilo dari Dukuh Mrica. Ukuran bak penampungan ini 2x2 m yang usianya sudah 12 tahun.

Bukan hanya masalah kekeringan saja, kadang kala paralon dan pipa yang jadi saluran air dari sumber ke penampungan pun bocor atau rusak. Warga kerap kali harus bergantian mengecek dan menelusuri letak kebocoran pipa itu.

"Biasanya ada yang copot karena paralon melewati hutan dan ladang warga," sebutnya.

#sahabatbaik, Ali dan puluhan warga di Dukuh Mrica ini membutuhkan sumber air yang bisa diperoleh dari donasi-donasi kamu. Jangan biarkan mereka kesulitan membersihkan diri bahkan sampai tak bisa minum.

Ayo mulai sisihkan rezeki untuk menolong mereka lewat berbuatbaik.id. Caranya yaitu dengan klik LINK BERIKUT INI

Kabar baiknya, semua donasi yang diberikan seluruhnya akan sampai ke penerima 100% tanpa ada potongan.

Kamu yang telah berdonasi akan mendapatkan notifikasi dari tim kami. Selain itu, bisa memantau informasi seputar kampanye sosial yang kamu ikuti, berikut update terkininya.

Jika berminat lebih dalam berkontribusi di kampanye sosial, #sahabatbaik bisa mendaftar menjadi relawan. Kamu pun bisa mengikutsertakan komunitas dalam kampanye ini.

Yuk jadi#sahabatbaik dengan#berbuatbaik mulai hari ini, mulai sekarang!

(imk/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT