Terungkap! Ikan Jumbo di Lhokseumawe Dibuang Pemiliknya karena Mati

Agus Setyadi - detikNews
Kamis, 06 Jan 2022 12:17 WIB
Warga Lhokseumawe temukan ikan raksasa, BKSDA turun tangan
Ikan jumbo ditemukan warga di Lhokseumawe (Foto: Istimewa)
Lhokseumawe -

Penemuan ikan jumbo membuat heboh warga di Lhokseumawe, Aceh. Ikan itu disebut jenis arapaima dan sengaja dibuang pemiliknya.

"Betul (Arapaima), aslinya dari sungai Amazon Brasil," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Aceh Aliman saat dimintai konfirmasi, Kamis (6/1/2022).

Ikan Arapaima itu merupakan ikan peliharaan di salah satu toko ikan hias di Lhokseumawe. Aliman menyebut, pemilik membuang ikan tersebut ke sungai karena telah mati.

"Infonya ikan itu sudah mati duluan baru dibuang ke sungai," jelas Aliman.

Aliman meminta masyarakat tidak memelihara ikan tersebut karena sifatnya buas dan pemangsa bagi spesies lain. Ikan Arapaima disebut dapat mengancam populasi ikan lain bila dilepas ke perairan umum.

"Kita juga minta agar pihak PSDKP dapat mengawasi lebih ketat terhadap peredaran jenis ikan tersebut. Hal itu juga sudah diatur melalui Permen KP nomor 19 tahun 2020," ujar Aliman.

Sebelumnya, video dan foto memperlihatkan temuan ikan berukuran besar di Lhokseumawe, Aceh, viral di media sosial. Dalam salah satu foto yang beredar, ikan itu tampak diangkat ke atas dari sebuah saluran. Beberapa pria berusaha menarik ikan dari air.

Foto lain memperlihatkan ikan tersebut diangkut menggunakan becak mesin. Ada juga video saat warga melihat ikan 'raksasa' itu.

"Ikan apa itu? Putri duyung ya. Bukan ikan kayaknya itu, putri duyung," kata seorang pria dalam video menggunakan bahasa Aceh.

Dalam postingan viral disebutkan ikan itu ditemukan di dalam saluran di kawasan Cunda, Lhokseumawe, Aceh.

Lihat juga video 'Ikan Tuna di Jepang Laku Rp 2 Miliar':

[Gambas:Video 20detik]



(agse/mud)