Heboh Penemuan Ikan Jumbo di Lhokseumawe, BKSDA Turun Tangan

Agus Setyadi - detikNews
Rabu, 05 Jan 2022 17:44 WIB
Warga Lhokseumawe temukan ikan raksasa, BKSDA turun tangan
Warga Lhokseumawe menemukan ikan jumbo, BKSDA turun tangan (Foto: dok. Istimewa)
Lhoksuemawe -

Video dan foto memperlihatkan temuan ikan berukuran besar di Lhokseumawe, Aceh, viral di media sosial. Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) turun tangan melakukan pengecekan.

Dalam salah satu foto yang beredar, ikan itu tampak diangkat ke atas dari sebuah saluran. Beberapa pria berusaha menarik ikan dari air.

Foto lain memperlihatkan ikan tersebut diangkut menggunakan becak mesin. Ada juga video saat warga melihat ikan 'raksasa' itu.

"Ikan apa itu? Putri duyung ya. Bukan ikan kayaknya itu, putri duyung," kata seorang pria dalam video menggunakan bahasa Aceh.

Dalam postingan viral disebutkan ikan itu ditemukan di dalam saluran di kawasan Cunda, Lhokseumawe, Aceh. BKSDA Aceh masih mengecek kabar penemuan ikan itu.

"Lagi saya minta dicek sama teman-teman di Lhokseumawe," kata Kepala Seksi Konservasi Wilayah I Lhokseumawe BKSDA Aceh Kamarudzaman saat dimintai konfirmasi detikcom, Rabu (5/1/2022).

Bila dilihat sekilas, ikan tersebut mirip dengan ikan arapaima. Namun BKSDA masih perlu melakukan pengecekan.

"Sepertinya (arapaima), tapi perlu dicek kembali. Saya minta kepala seksi koordinasi dengan Dinas Kelautan dan Perikanan," kata Kepala BKSDA Aceh Agus Arianto saat dimintai konfirmasi terpisah.

Lihat juga video 'Ikan Tuna di Jepang Laku Rp 2 Miliar':

[Gambas:Video 20detik]



(agse/mud)