Ferdinand Hutahaean Cuit 'Allahmu Lemah', MUI: Bukti Pengetahuan Dangkal!

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Kamis, 06 Jan 2022 05:51 WIB
Sekjen MUI, Amirsyah Tambunan (Istimewa)
Foto: Sekjen MUI, Amirsyah Tambunan (Istimewa)
Jakarta -

Sekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI) Amirsyah Tambunan mengatakan cuitan Ferdinand Hutahaean soal 'Allahmu ternyata lemah' menunjukkan pengetahuan yang dangkal soal agama. Dia menilai cuitan tersebut menunjukkan sikap intoleran.

"Kontroversial Ferdinand Hutahaean (FH), telah membuktikan pengetahuan yang dangkal soal agama, menunjukkan sikapnya intoleran," kata Amirsyah kepada wartawan, Rabu (5/1/2022).

Amirsyah mengatakan meski cuitan itu sudah dihapus, namun masih ada jejak digitalnya. Dia menyebut cuitan itu memenuhi unsur dugaan penistaan agama.

"Kalau FH cuitan itu kini telah dihapus di sosial media Twitter-nya, namun jejak digital nggak bisa dihapus dan memenuhi unsur penistaan agama sesuai UU No 1 Tahun 1965," ujarnya.

"Dalam UU tersebut pasal 1 ditegaskan setiap orang dilarang dengan sengaja di muka umum menceritakan, menganjurkan atau mengusahakan dukungan umum, untuk melakukan penafsiran tentang sesuatu agama yang dianut di Indonesia atau melakukan kegiatan-kegiatan keagamaan yang menyerupai kegiatan-kegiatan keagamaan dari agama itu: penafsiran dan kegiatan mana menyimpang dari pokok-pokok ajaran agama itu," tambahnya.

Amirsyah meminta polisi mengambil tindakan tegas terhadap Ferdinand. Dia juga mengapresiasi masyarakat yang melaporkan cuitan Ferdinand ke polisi.

"Pernyataan Ferdinand Hutahaean patut diduga memenuhi unsur penistaan agama. Pihak penegak hukum yaitu kepolisian sebagai pengayom dan penegak hukum wajib segera mengambil tindakan tegas untuk mewujudkan rasa keadilan masyarakat," ujarnya.

Cuitan Ferdinand Hutahaean

Dalam akun Twitter-nya, @FerdinandHaean3, dia sempat mencuit soal 'Allahmu ternyata lemah'. Cuitan itu dibuat Selasa (4/1) kemarin. Namun cuitan itu kini sudah dihapus.

"Kasihan sekali Allahmu ternyata lemah, harus dibela. Kalau aku sih Allahku luar biasa, maha segalanya, Dialah pembelaku selalu dan Allahku tak perlu dibela," bunyi cuitan Ferdinand.

Meski cuitan itu sudah dihapus, sejumlah netizen meng-capture kicauan Ferdinand di akun Twitternya. Netizen bereaksi dengan tagar TangkapFerdinand.

Simak video 'Cuitan 'Allahmu Lemah' Ferdinand Hutahaean Berbuntut Panjang':

[Gambas:Video 20detik]