Kembali Muncul Dukungan Maju Capres dari Ulama untuk Sandiaga

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 05 Jan 2022 20:34 WIB
Menparekraf Resmikan KM Kirana VII di Pelabuhan Benoa Bali, Sabtu (18/12/2021).
Sandiaga Uno (Dok: Kemenparekraf)
Jakarta -

Dukungan dari ulama untuk Sandiaga Uno maju di Pilpres 2024 kembali muncul. Usai dukungan dari ulama-ulama di DKI Jakarta dan Jawa Barat, kini dukungan ulama-ulama untuk Sandiaga datang dari Sumatera Utara (Sumut).

Dukungan terbaru untuk Sandiaga maju di Pilpres 2024 dideklarasikan di salah satu hotel di Medan, Sumut, Rabu (5/1/2022). Di hotel tersebut, dibacakan hasil Ijtima Ulama dan kesepakatan sejumlah kelompok pemuda, mendukung Sandiaga maju sebagai capres.

"Kami berkumpul untuk mendukung dam memilih Bapak Sandiaga Uno menjadi Presiden RI 2024," kata Ketua Umum PP Gerakan Pemuda Al-Washliyah Wizdan Fauran Lubis kepada wartawan usai deklarasi.

Ijtima Ulama di Sumut deklarasi dukungan Sandiaga Uno jadi Capres 2024Ijtima Ulama di Sumut deklarasi dukungan Sandiaga Uno jadi Capres 2024. (Datuk Haris Molana/detikcom)

Ada sejumlah faktor yang melatarbelakangi dukungan dari ulama dan pemuda di Sumut untuk Sandiaga. Beberapa faktor tersebut di antaranya, yakni keberpihakan Sandiaga terhadap ulama dan pemuda Islam.

"Sandiaga Uno ini ada beberapa hal yang bisa kita konfirmasi terhadap sosok beliau, terutama komitmen beliau yang sangat kuat terhadap dimensi religi. Kemudian beliau juga sangat dekat dengan ulama dan pemuda Islam, mengayomi," papar Wizdan.

"Kemudian dekat dengan masyarakat sehingga tidak ada batas strata sosial sebagai seorang pemimpin. Beliau punya karakter nasionalis," imbuhnya.

Deklarasi dukungan untuk Sandiaga diklaim bakal digelar di provinsi-provinsi lainnya. Para ulama dan pemuda itu juga yakin akan mendapat respons positif dari Sandiaga.

"Deklarasi ini adalah respon masyarakat terhadap keinginan para ulama, para habaib, pemuda islam, bagaimana ke depan bangsa ini bisa berubah. Pasti positif. Dia (Sandiaga) pasti merespons, dia pasti tahu," tutur Wizdan.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.