Warga Minta Ring Tinju Gegara Banyak Tawuran, Ini Respons Polsek Tanah Abang

Yogi Ernes, Jabbar Ramdhani - detikNews
Rabu, 05 Jan 2022 18:19 WIB
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran (Rakha Arlyanto Darmawan/detikcom).
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran (Rakha Arlyanto Darmawan/detikcom)
Jakarta -

Seorang warga bernama Ani meminta ring tinju gara-gara banyaknya anak muda yang terlibat tawuran di Tanah Abang, Jakarta Pusat (Jakpus). Polsek Tanah Abang pun merespons laporan Ani soal banyaknya tawuran.

"Kita harus cross-check ke lokasi. Kita selama ini laksanakan patroli rutin untuk penjagaan antisipasi kasus begal, tawuran, dan kejahatan lain," kata Kapolsek Tanah Abang Kompol Haris Kurniawan, Rabu (5/1/2022).

Polsek Tanah Abang juga bertanya kepada warga soal pendapatnya terkait rencana pembuatan ring tinju. Haris mengatakan, selama sebulan terakhir, tak ada laporan kejadian tawuran di Tanah Abang.

"Gang Baswan salah satu prioritas kita patroli. Sebulan terakhir tak pernah terjadi tawuran," ucapnya.

"Kita juga cross-check masyarakat, tanya ke pengurus RT-RW, tak ada tawuran. Tapi kita akan terus patroli," imbuh Haris.

Dia mengatakan Polsek Tanah Abang akan terus menggencarkan patroli untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Dia mengatakan saat ini wilayah Tanah Abang kondusif.

"Ya, kita cek juga ke masyarakat lain (soal rencana pembuatan ring tinju)," katanya.

"Gang Baswan kita patroli aktif. Kita patroli sejam di sana, selain itu kita patroli ke tempat lain," ujar Haris.

Usulan Ring Tinju untuk di Tanah Abang

Sebelumnya, Ani mengusulkan kepada Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran untuk membuatkan ring tinju bagi para pelaku tawuran. Dia mengeluhkan banyaknya aksi tawuran yang terjadi di sekitar lingkungannya.

"Harapan saya sebagai warga Tanah Abang, di Tanah Abang ini hampir tiap malam tawuran, bisa nggak dibikin boxing-boxing gitu yang anak-anak," kata Ani kepada Fadil saat agenda Rilis Akhir Tahun 2021 Polda Metro Jaya, Kamis (30/12/2021).

Fadil mulanya tampak terheran-heran mendengar usulan Ani tersebut.

"Boxing-boxing-nya apa? Pertandingan tinju gitu? Dibuatin ring gitu, ya?" kata Fadil.

Fadil sempat menebak tawuran kerap terjadi di Gang Baswan. Fadil menyatakan hal itu karena pernah menjadi Kapolsek Tanah Abang.

Pernyataan Fadil dibenarkan Ani. Dia ingin anak muda di Tanah Abang mempunyai penyaluran kegiatan positif demi menekan kasus tawuran.

"Pertandingan tinju gitu, Pak, betul. Daripada 1 lawan 10, mending satu-satu, Pak, ketahuan bonyok-bonyok semua," ujar Ani. Ucapannya disambut tepuk tangan dan gelak tawa oleh para peserta rilis akhir tahun.

Ani menilai para pemuda di sekitar rumahnya di Tanah Abang kerap membuat ricuh saat malam hari. Kepada Kapolda Metro, dia berharap para pemuda itu dapat menyalurkan bakat 'ricuh'-nya di atas ring tinju.

Fadil pun tertawa mendengar usulan Ani itu. Namun dia menilai usul Ani itu menarik untuk diwujudkan.

"Anak-anak yang suka tawuran disuruh tonjok-tonjokan saja katanya, dibikin ring tinju... menarik juga, sih," kata Fadil.

(jbr/haf)