LaNyalla Tekankan Pentingnya Sinergi Pemerintah-Pengusaha di Daerah

Dea Duta Aulia - detikNews
Rabu, 05 Jan 2022 17:25 WIB
Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti meminta para pelaku usaha dan pemerintah harus saling bersinergi untuk mempercepat kemajuan dan pembangunan perekonomian di Indonesia. Hal ini dia ungkapkan saat melakukan kunjungan kerja ke Mamuju Sulawesi Barat, Rabu (5/1/2022).
Foto: Dok. DPD RI
Jakarta -

Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti meminta para pelaku usaha dan pemerintah daerah harus saling bersinergi untuk mempercepat kemajuan dan pembangunan perekonomian di Indonesia. Hal ini dia ungkapkan saat melakukan kunjungan kerja ke Mamuju Sulawesi Barat, Rabu (5/1/2022).

"Sinergitas antara pelaku usaha dan pemerintah sangat dibutuhkan untuk mempercepat kemajuan ekonomi. Sinergitas perlu dibangun dengan tujuan pembangunan perekonomian tetapi tidak mengabaikan alam dan sekitarnya," katanya dalam keterangan tertulis, Rabu (5/1/2022).

Dia menekankan kolaborasi tersebut juga mesti memperhatikan aspek lingkungan dan masyarakat. Sebab sinergi antara pemerintah dan pelaku usaha harus mampu menghadirkan efek positif terhadap masyarakat dan lingkungan.

"Kemajuan ekonomi seharusnya berdampak pada kebaikan sistem, baik lingkungan sekitar maupun masyarakat," tambahnya.

Tak hanya sektor itu saja yang harus diperhatikan, kolaborasi antara pemerintah dan pelaku usaha juga perlu diimbangi dengan tertib terhadap beragam perizinan. Hal itu menjadi penting untuk mencegah kerusakan dan bencana alam seperti banjir.

Ia lantas memuji langkah pemerintah Sulawesi Barat bersama Bea Cukai mengajak para pengusaha untuk tertib dalam menjalankan usaha.

"Tertib seperti kepemilikan izin usaha sebagai syarat izin tambang serta memperhatikan lingkungan sekitar tambang agar pertambangan tidak berdampak pada kerusakan lingkungan yang dapat menyebabkan bencana banjir," katanya.

Ia menegaskan para pelaku usaha yang ingin menambang di suatu tempat wajib memiliki program penghijauan. Tak hanya itu, para penambang juga perlu melibatkan UMKM agar masyarakat dapat merasakan manfaat dari kegiatan pertambangan.

"Pengusaha juga perlu menyiapkan program reboisasi atau penghijauan setelah dilakukan penambangan. Hal ini dapat dilakukan bersama masyarakat sekitar. Dengan demikian masyarakat dapat merasakan manfaat dari keberadaan pertambangan," tutupnya.

(akd/ega)