Merasa Jadi Korban Investasi Bodong, Warga Laporkan Yagoal Online ke Polisi

Mulia Budi - detikNews
Rabu, 05 Jan 2022 16:01 WIB
Ilustrasi investasi uang kripto.
Ilustrasi investasi (Foto: Shutterstock)
Jakarta -

Aplikasi Yagoal Online dilaporkan ke Bareskrim Polri. Laporan itu terkait dugaan investasi bodong yang dialami sejumlah warga.

"Iya (kemarin menyerahkan) surat klarifikasi permohonan informasi tindak lanjut dan/atau perkembangan perkara," ujar pengacara korban dugaan investasi bodong Yagoal, Rifqi Zulham, kepada wartawan, Rabu (5/1/2022).

"Jadi kita kan melaporkan itu tanggal 20 Desember 2021 tapi belum ada tindak lanjut dan klien kita juga belum di-BAP," tuturnya.

Laporan bernomor LP/B/0759/XII/2021/SPKT/BARESKRIM POLRI. Rifqi menyebut pihaknya melaporkan pemilik atau pihak yang menguasai aplikasi Yagoal Online itu.

"Kenyataannya sekarang website-nya tidak bisa dibuka dan pelakunya belum diketahui siapa dan berada di mana. Makanya yang kita laporkan adalah pemilik atau penguasa aplikasi Yagoal tersebut," ujar Rifqi.

Dia mengklaim ada 510 orang yang menyerahkan surat kuasa untuk melapor kepada perwakilan korban, Rinaldi Agung. Menurutnya, orang yang menjadi korban aplikasi ini berasal dari berbagai daerah.

"Yang 510 itu ada surat kuasa hardcopy-nya dipegang oleh Pak Rinaldi dari berbagai daerah juga," ujar Rifqi.

"Kalau satu per satu di ditelusuri ditaksir bisa triliun, tapi yang konkretnya 510 orang yang mengirim surat untuk dikuasakan ke Pak Rinaldi sudah dihitung hanya sekitar Rp 10 miliar lebih. Karena kalau dilihat jadi jumlah member dan korbannya itu ada 10.575 orang," sambungnya.

Rifqi menyebut para korban diiming-imingi keuntungan 2,25 persen setiap hari dari total investasi. Keuntungan itu berbentuk saldo pada akun Yagoal yang bisa di tarik kapan saja.

"Jadi investor direkrut oleh admin atau leader-nya. Syarat menjadi investor hanya dengan cara mendaftar di aplikasi Yagoal dan melakukan deposit minimal Rp 100 ribu, maka keuntungan per hari sebesar 2,25 persen," kata Rifqi.

"Mengenai hasil dan keuntungan itu diberikan per hari sebesar 2,25 persen langsung kelihatan di aplikasi Yagoal-nya, saldo investor setiap hari bertambah dan bisa ditarik kapan saja, dan langsung ditransfer ke rekening bank pribadi investor. Sama halnya seperti kita menarik uang di bank secepat itu dana bisa setor atau ditarik," sambungnya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Saksikan juga 'Kuasa Hukum Curigai Ada Sindikat Investasi Bodong EDCCash':

[Gambas:Video 20detik]