Anak Ular Piton Muncul di Pagar Rumah Warga di Makassar

Ibnu Munsir - detikNews
Selasa, 04 Jan 2022 17:29 WIB
Anak ular piton muncul di pagar rumah warga di Makassar. (Ibnu Munsir/detikcom)
Anak ular piton muncul di pagar rumah warga di Makassar. (Ibnu Munsir/detikcom)
Makassar -

Anak ular piton sepanjang 50 sentimeter yang baru menetas muncul di pagar rumah warga di Jalan Tabaria, Kelurahan Manuruki, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Ular ini sempat membuat geger warga sekitar.

"Ditemukan melilit di rumah warga, jadi lebih memudahkan petugas kita untuk mengamankan," kata Kadis Damkar Makassar Hasanuddin dalam keterangannya, Selasa (4/1/2022).

Tim Rescue Damkar Makassar menyebut ular jenis piton ini tak hanya satu. Ukurannya yang kecil membuat petugas masih melakukan pencarian.

"Karena masih kecil dengan ukuran anak ular, kemungkinan besar baru sudah menetas telurnya ini ular, jadi saya yakin tidak hanya satu, kemungkinan akan ada muncul ular lagi," sebutnya.

Ular ini pertama kali ditemukan warga pada pukul 17.12 Wita saat warga sedang berada di sekitar lingkungan. Warga diminta tak panik.

"Dari rawa-rawa di sekitar lingkungan warga yang di sana, karena masih banyak lahan kosong di sana, tapi saya minta warga tidak usah kuatir dan takut, bisa segera lapor ke Damkar Makassar," terangnya.

Ular jenis piton yang telah ditangkap ini kemudian dimasukkan ke karung milik petugas. Ular ini akan dibawa ke Kantor Damkar Makassar dan diserahkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Sulsel guna dilepasliarkan.

Simak juga 'Ular Piton Masuk Ruang COVID RS di Makassar':

[Gambas:Video 20detik]



(nvl/nvl)