PTM 100 Persen, DPRD DKI Sorot Prokes Ortu Saat Antar Anak

Isal Mawardi - detikNews
Selasa, 04 Jan 2022 07:56 WIB
Sekolah di Jakarta menggelar tatap muka terbatas hari ini. Kapasitas ruang kelas bisa terisi 100 persen dengan durasi belajar 6 jam.
Ilustrasi, sekolah tatap muka (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - 10 ribu sekolah di DKI Jakarta telah melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM) kapasitas 100 persen. Sejumlah anggota DPRD DKI Jakarta memberikan catatan pada pelaksanaan PTM tersebut.

"Catatannya adalah agar orang tua dan para pengantar unit diedukasi agar tetap menjajalkan prokes. Tidak berkerumun waktu datang mengantar dan menjemput," ujar Sekretaris Fraksi PAN DPRD DKI Jakarta, Oman Rohman Rakinda kepada detikcom, Senin (3/1/2021).

Ia berharap semangat menerapkan prokes tetap dijaga selama pandemi. Keseriusan penerapan prokes, terang Oman, harus dijaga seperti yang terlihat pada hari pertama sekolah tatap muka kemarin.

"Sejauh yang saya amati berjalan lancar. Anak-anak mengikuti dengan gembira, orang tua juga antusias mengantar anaknya ke sekolah," imbuhnya.

Sekretaris Komisi E Johnny Simanjuntak turut menyorot orang tua siswa. Menurutnya perlu adanya jalinan komunikasi antar orang tua siswa dengan pihak sekolah.

"Jadi bagaimana supaya komunikasi terhadap guru kelas dan orang tua murid harus terbangun. Bahkan bila perlu mereka sudah punya grup WA antara guru kelas, wali kelas, dan orang tua murid untuk mendeteksi tahu orang tua jam berapa (anak) mereka pulang dan jam berapa (anak) mereka harus sampai di rumah. Jadi tidak ada kerumunan-kerumunan," imbuhnya.

Tatap Muka 100 Persen

Sekolah di Jakarta menggelar tatap muka dengan kapasitas 100 persen mulai kemarin. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan ada 10 ribu sekolah yang hari ini menggelar tatap muka.

"Pembelajaran tatap muka hari ini diberlakukan 100% di 10.429 sekolah atau sekitar 97,2%," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (3/1/2022).

Riza meminta orang tua dan sekolah melakukan pengawasan ekstra terhadap anak-anaknya. Pasalnya, selama sekolah dibuka, banyak siswa yang tidak langsung pulang ke rumah.

"Mampir ke rumah teman, main dan sebagainya sehingga ada penambahan COVID. Sekali lagi kami minta pulang ke rumah," ujarnya.

Simak Video: PTM di Tengah Ancaman Omicron, Wagub Riza: Tanggung Jawab Bersama

[Gambas:Video 20detik]



(isa/aud)