Lebaran 2022 Jatuh Pada Tanggal Berapa? Cek Kalender SKB 3 Menteri

Tim detikcom - detikNews
Senin, 03 Jan 2022 18:08 WIB
Lebaran 2022 jatuh pada tanggal berapa? Hal tersebut menjadi pertanyaan masyarakat karena sudah memasuki pergantian tahun.
Lebaran 2022 Jatuh Pada Tanggal Berapa? Cek Kalender SKB 3 Menteri (Foto: Dikhy Sasra/detikcom)
Jakarta -

Lebaran 2022 jatuh pada tanggal berapa? Hal tersebut menjadi pertanyaan masyarakat karena sudah memasuki pergantian tahun. Informasi lebaran 2022 juga penting diketahui untuk merencanakan berbagai kegiatan.

Jika melihat kalender tahun 2022, lebaran akan jatuh pada awal bulan Mei. Berikut informasi lebih lanjut tentang lebaran 2022 berdasarkan SKB 3 Menteri.

Lebaran 2022 Jatuh Pada Tanggal Berapa? Ini Kata SKB 3 Menteri

Lebaran 2022 jatuh pada tanggal berapa? Libur Nasional untuk tahun 2022 tercantum dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, serta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 963 Tahun 2021, Nomor 3 Tahun 2021 dan Nomor 4 Tahun 2021 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2022. SKB tersebut diteken oleh Menko PMK Muhadjir Effendy. SKB 3 Menteri menerangkan bahwa lebaran 2022 akan jatuh pada tanggal 2-3 Mei 2022 di hari Senin dan Selasa.

Lebaran 2022 Jatuh Pada Tanggal Berapa? Puasa dan Idul Fitri 2022 Menyesuaikan Sidang Isbat

Lebaran 2022 jatuh pada tanggal 2-3 Mei 2022. Meski sudah tercantum dalam kalender, namun masyarakat tetap harus menunggu putusan sidang isbat guna mengetahui penetapan puasa dan Idul Fitri tahun 2022.

Lebaran 2022 Jatuh Pada Tanggal Berapa? Ketentuan Sidang Isbat di Masa Pandemi

Melansir situs Kemenag, sidang isbat penentuan puasa dan Idul Fitri tetap dilaksanakan meskipun dalam keadaan pandemi. Sidang isbat rencananya akan dilaksanakan secara daring melalui teleconference, sehingga peserta sidang dan pihak media tidak perlu hadir di Kementerian Agama.

Selain itu, masyarakat juga bisa ikut menyaksikan sidang isbat. Mereka dapat melihatnya melalui live streaming di website dan medsos Kemenag serta zoom meeting dengan kuota yang terbatas.

Berikut urutan metode sidang isbat:

  • Sesi pertama diawali dengan paparan posisi hilal awal Ramadan oleh oleh Tim Falakiyah Kementerian Agama. Penentuan hilal ini dapat dilakukan dengan 2 cara:
    a. Rukyah (rukyatul hilal) diartikan sebagai pengamatan hilal yang dilakukan pada 29 hari. Apabila rukyah tidak berhasil dilihat karena hilal belum bisa dilihat atau adanya gangguan cuaca, maka penentuan awal bulan harus disempurnakan 30 hari (istikmal).
    b.Metode hisab merupakan penentuan posisi hilal secara matematis dan astronomis. Metode hisab dinilai bersifat ta'aqquili-ma'qul al-ma'na yang berarti dapat dirasionalkan, diperluas, dan dikembangkan. Kedua metode tersebut saling melengkapi.
  • Sesi kedua dilanjutkan dengan sidang isbat yang digelar secara tertutup. Sidang ini hanya dihadiri secara fisik oleh perwakilan MUI, DPR, serta Menag.
  • Kemudian, sidang diawali dengan pembacaan laporan oleh Direktur Urusan Agama Islam tentang hasil rukyatul hilal dari seluruh Indonesia.
  • Terakhir, hasil sidang isbat akan diumumkan secara terbuka oleh Menag melalui konferensi pers.

Setelah mengetahui lebaran 2022 jatuh pada tanggal berapa, simak pula halaman berikutnya untuk mengetahui jadwal libur 2022.