Arus Balik, Contraflow Sepanjang 18 Km Diberlakukan di Tol Arah Jakarta

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 02 Jan 2022 23:27 WIB
Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Irjen Firman Shantyabudi
Foto: Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Irjen Firman Shantyabudi (dok.ist)
Jakarta -

Arus kendaraan menuju Jakarta di Tol Jakarta-Cikampek padat. Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Irjen Firman Shantyabudi mengatakan pihaknya menambah ruas jalan contraflow di Km 65-47.

"Kita mengatur sedemikian rupa ketika membaca volume arus ke Jakarta padat, kami menambah satu ruas jalan contraflow di Km 65-47 yang kita harapkan bisa mempercepat ke arah Jakarta. Tadi kita berlakukan mulai pukul 15.00," ujar Firman, Minggu (2/1/2022).

Dia mengatakan, peningkatan jumlah kendaraan terjadi sejak pukul 15.00 WIB. Namun, peningkatan disebut masih dapat tertangani.

"Peningkatan volume kendaraan mulai sejak tadi kita pantau pukul 15.00 sore tadi sampai dengan hari ini menjelang jam 9 namun peningkatan masih bisa rolling, tidak terjadi penguncian dan sebagainya," tuturnya.

Dia mengatakan contraflow dilakukan bila jalur terpantau padat. Contraflow juga disebut sampai saat ini masih berlaku.

"Kita berlakukan kalau padat dan kita jalankan sampai tadi," tuturnya.

Firman menyebut beberapa faktor terjadinya peningkatan kendaraan. Salah satunya dengan masih banyaknya masyarakat yang berhenti di bahu jalan.

"Ada faktor penyebab, ada masyarakat yang masih memanfaatkan bahu jalan untuk berhenti padahal kita sudah membantu meningkatkan kapasitas jalan dengan membuat contraflow di beberapa ruas jalan dan ini sangat situasional dari km-km tertentu untuk membantu kelancaran menuju arah Jakarta," ujarnya.

"Kemudian masih ada kurang tertib masyarakat tentang lajur yang mengakibatkan hambatan-hambatan terutama menjelang gardu Tol," sambungnya.

Dikatakan kemacetan yang terjadi di beberapa titik sudah mulai teratasi. Dia berharap kondisi jalan dapat terus lancar hingga pagi.

"Kita melihat dipantauan GPS kita di beberapa titik ruas jalan perbatasan Jateng, beberapa ruas Jatim, dalam kota Jakarta, terutama jalur Cikampek ini Km 65-47 semua sudah cair semoga bisa kita pertahankan sampai pagi," imbuhnya.

(dwia/dhn)