Wagub DKI soal Kembang Api saat Tahun Baru: Tak Bisa Dihindari

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Minggu, 02 Jan 2022 20:44 WIB
Ahmad Riza Patria
Ahmad Riza Patria (Tiara Aliya/detikcom)
Jakarta -

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, mengakui masih ada warga Ibu Kota yang menyalakan kembang api untuk merayakan momen pergantian tahun. Meski demikian, dia meyakini tak terjadi lonjakan signifikan penjualan kembang api di pasaran.

"Memang ada 1-2 tidak bisa dihindari. Anak-anak yang diam-diam di tempat-tempat tertentu masih ada yang menyalakan kembang api tapi secara umum sudah kita upayakan tidak ada penjualan, tidak ada pembelian yang luar biasa terkait kembang api," kata Riza kepada wartawan, Minggu (2/1/2022).

Riza juga memastikan situasi selama libur Natal dan tahun baru berjalan kondusif, sehingga warga Jakarta dapat melalui momen libur panjang dengan damai. Hal ini, sebut Riza, dibuktikan dengan tidak adanya pesta kembang api maupun arak-arakan yang diadakan pengelola kafe, restoran maupun kawasan wisata.

"Tidak ada kegiatan-kegiatan arak-arakan, pesta kembang api sebagaimana kita sudah minta, termasuk juga kafe, mal tempat-tempat lain tutup sebagaimana yang sudah kita minta pada pukul 22.00 dan tidak ada kegiatan-kegiatan perayaan," imbuhnya.

Sebelumnya, perayaan kembang api terdengar dari Bundaran HI, Jakarta Pusat. Pantauan di lokasi, pukul 00.00, Sabtu (1//1) suara kembang api perayaan pergantian tahun terdengar dari Bundara HI, Jakarta Pusat. Namun begitu, tidak tampak ada kerumunan di sekitar lokasi.

Suara letusan kembang api terdengar saling bergantian. Di lokasi, saat ini telah tiba Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Pangdam Jaya Mayjen Mulyo Aji serta Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran.

(taa/rfs)