Cerita Warga Hendak ke Ragunan Kena Gage Terpaksa Parkir di Pinggir Jalan

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Minggu, 02 Jan 2022 13:26 WIB
Calon pengunjung Ragunan yang terkena ganjil-genap parkir di luar area
Calon pengunjung Ragunan yang terkena ganjil-genap parkir di luar area. (Rakha/detikcom)
Jakarta -

Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, diberlakukan aturan ganjil-genap (gage) di sekitar area gerbang utama. Sejumlah calon pengunjung yang menggunakan sepeda motor berpelat ganjil pun terpaksa parkir di luar Ragunan.

Salah seorang pengunjung, Dodi, mengaku bingung ketika tidak diperkenankan petugas keamanan parkir di dalam kawasan Ragunan karena motornya berpelat ganjil. Dia pun akhirnya terpaksa mencari tempat parkir di luar Ragunan.

"Saya bingung banget beneran. Padahal udah beli tiket online," kata Dodi kepada detikcom di Ragunan, Jakarta Selatan, Minggu (2/1/2021).

Calon pengunjung lainnya, Tuti, mengaku sama sekali tidak mengetahui adanya peraturan ganjil-genap untuk sepeda motor. Tuti mengaku harus mencari parkir motor di luar Ragunan dengan membayar Rp 10 ribu.

"Saya tidak tahu sama sekali malah. Baru ini ke Ragunan sudah lama, eh sampai depan sama petugas tidak boleh masuk jadinya parkir di sini," ujar Tuti.

Pemotor lain yang terkena ganjil-genap bernama Lukman mengaku khawatir sepeda motornya diparkir di luar Ragunan. Sebab, katanya, tidak ada jaminan dari petugas keamanan Ragunan jika sewaktu-waktu terjadi kehilangan.

"Itu dia saya takut tidak aman, iseng juga. Di dalam bisanya cuma Rp 3.000. Di sini Rp 10 ribu. Kayanya baru kali ini tahun baru saya parkir di luar karena ada ganjil-genap," ucap Lukman.

Pantauan detikcom, sejumlah petugas keamanan Ragunan berjaga di pintu masuk sepeda motor. Petugas mengecek setiap pelat sepeda motor yang hendak masuk ke Ragunan.

Terpantau sejumlah sepeda motor pun diminta berbalik arah atau mencari parkir di luar Ragunan. Tampak para pemotor berpelat ganjil yang terkena ganjil-genap memarkirkan sepeda motor di sisi kanan dan kiri Jalan Harsono.

"Silahkan yang merasa berpelat ganjil langsung cari parkir di luar. Hari ini berlaku pelat genap," kata seorang petugas keamanan Ragunan.

Seperti diketahui, polisi menyatakan sejumlah tempat wisata di DKI Jakarta, seperti Ragunan, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), dan Taman Impian Jaya Ancol, buka selama momen tahun baru 2022. Nantinya, polisi akan menerapkan aturan ganjil genap (gage) pelat nomor kendaraan di tempat-tempat wisata tersebut.

"Kemudian saya dan Pak Kadishub akan memberlakukan ganjil-genap di tiga tempat wisata tersebut mulai Jumat 13.00 WIB sampai Minggu 18.00 WIB," kata Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan, Kamis (30/12/2021).

Lihat juga Video: Mahfud Md Liburan Bareng Cucu Lihat Satwa di Ragunan

[Gambas:Video 20detik]



(rak/whn)