Pengunjung Ragunan Tembus 18 Ribu, Sandiaga Uno Puji Ketaatan Prokes

Annisa Rizky Fadhila - detikNews
Sabtu, 01 Jan 2022 17:11 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno
Menparekraf Sandiaga Uno (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)
Jakarta -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengunjungi Taman Margasatwa Ragunan (TMR). Dia pun mengapresiasi jumlah kunjungan hari ini dan ketaatan protokol kesehatan.

"Tadi dapat informasi pengunjung TMR hari ini yang hadir mencapai 18 ribu orang. Sedangkan besok itu yang sudah mendaftar ada 30 ribu orang," kata Sandiaga kepada wartawan di TMR, Sabtu (1/1/2022).

Dia memberikan perbandingan kunjungan ke Bali. Meski tidak menyebutkan detail waktunya, Sandiaga mengatakan kunjungan ke Bali tembus 12 ribu orang yang menggunakan jalur udara.

Dengan jumlah tersebut, kata Sandiaga, jumlah kunjungan yang dicapai Ragunan perlu disyukuri. Sektor pariwisata pun saat ini mulai merasakan geliat ekonomi yang mulai bangkit.

"Apa yang dicapai TMR perlu disyukuri," kata Sandiaga.

Meski pengunjung Ragunan terbilang banyak, Sandiaga mengapresiasi protokol kesehatan yang diterapkan. Saat mendatangi dan mengelilingi Ragunan, Sandiaga melihat masyarakat tertib memakai masker, jam operasional dibatasi, hingga tidak adanya kerumunan.

"Kami mengapresiasi penerapan prokes yang ketat dan disiplin. Bisa dilihat oleh teman-teman waktu operasional sampai jam 14.30 WIB dipatuhi, sudah dilihat dengan mata kepala sendiri bagaimana prokes diterapkan, pakai masker, tidak berkerumun, dan lain-lain," jelasnya.

Saat menyambangi Ragunan, Sandiaga turut menyapa pelaku UMKM. Dia mengatakan mayoritas sudah merasakan dampak pariwisata yang mulai menggeliat.

Bahkan, kata Sandiaga, mereka pun mengapresiasi langkah pemerintah dalam memulihkan perekonomian. Hal ini perlu disyukuri dan diapresiasi.

"Tadi saya berinteraksi dengan UMKM, alhamdulillah ada peningkatan. Dari sisi kuliner, penjual boneka, ondel-ondel, mereka sudah mengapresiasi langkah pemerintah dalam memulihkan ekonomi," katanya.

Sandiaga berharap tahun ini merupakan kebangkitan ekonomi. Karena itu, masyarakat diminta bergandengan tangan dan diperlukan kerja sama dari seluruh pihak.

Kemenparekraf pun berkomitmen menghadirkan inovasi baru dengan pendekatan 'kekinian'. Harapannya, kata Sandiaga, ekonomi rakyat dapat menggeliat dan sektor pariwisata bisa memberikan dampak luas.

"Mari bergandengan tangan dengan inovasi baru dengan pendekatan kekinian. Kita hadirkan terobosan, ekonomi rakyat yang bisa menyentuh lini kehidupan masyarakat yang bisa menggeliatkan kembali dan pariwisata tidak cuma bikin bahagia, tapi juga kita ciptakan ada dampak konservasinya juga," tutur Sandiaga.

(azl/yld)