Cerita Warga Pilih Liburan di TMII Dibanding Macet-macetan ke Luar Kota

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Minggu, 02 Jan 2022 13:07 WIB
Situasi TMII ramai dikunjungi pengunjung
Situasi TMII ramai dikunjungi pengunjung. (Firda/detikcom)
Jakarta -

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) terlihat ramai dikunjungi pengunjung pada libur awal tahun baru 2022 ini. Pengunjung memilih liburan di TMII karena malas bermacet-macetan ke luar kota.

Salah seorang pengunjung asal Bekasi Selatan, Pung Herrialmam (39), mengatakan dirinya beserta keluarga sengaja memilih liburan di TMII ketimbang di luar kota. Hal itu karena dia malas terjebak macet saat arus mudik tiba.

"Memang sengaja kami kalau libur Natal dan tahun baru itu di dalam kota aja untuk menghindari arus mudik. Itu, sih, malas macetnya. Malahan kalau ke luar kota itu ngambilnya di hari biasa aja," ujar Pung Herrialmam (39) saat ditemui di TMII, Jakarta Timur, Minggu (2/1/2022).

Pung menilai peraturan bepergian ke luar kota di tengah pandemi cukup membuatnya sulit. Pasalnya, kata Pung, ada sejumlah prosedur yang harus dilalui, seperti tes PCR dan sebagainya. Karena itulah, dia dan keluarga memilih mengunjungi TMII pada libur tahun baru 2022 ini.

"Terus ini kan masih pandemi ya, banyak aturan yang mungkin kita kadang nggak ketahui dan malas sama peraturan-peraturan tersebut. Cari yang aman aja. Prosedurnya nanti disuruh tes PCR segala dan itu kan butuh proses juga. Makanya kita di dalam kota aja," tuturnya.

Hal senada disampaikan Nuhida (25), pengunjung asal Tambun Utara, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Dia beserta keluarga memilih berwisata ke TMII karena jarak tempatnya yang terjangkau.

"Dari rumah ke sini 1,5 jam. Jadi cari yang dekat-dekat saja yang bisa dijangkau dari rumah," kata Nuhida.

"Karena Corona, kan, untuk mencegah penularan juga. Jadi di sini-sini aja," sambungnya.

Dia mengaku sengaja datang pagi-pagi ke TMII. Sebab, saat siang hari nanti, kata Nuhida, pengunjung yang datang akan semakin ramai.

"Iya karena tahu ramai, jadi dari tadi pagi datang ke sini dari jam 10.00 WIB pagi, biar nanti siangan udah pulang," kata Nuhida.

Berdasarkan data dari Humas TMII per pukul 10.00 WIB, tercatat sudah ada 4.373 pengunjung yang datang. Kepala Humas TMII Adi Widodo mengatakan jumlah ini masih sama seperti hari kemarin.

"Jumlah pengunjung yang masuk TMII perorangan/tiket online 4.373. Masih relatif sama dengan yang kemarin per jam ini. Nanti baru kita bisa kita lihat (perkembangan jumlah pengunjung) sekitar jam 11 atau jam 12-lah," ujar Adi kepada wartawan.

Adi menegaskan satgas COVID-19 di kawasan TMII akan terus berpatroli untuk memastikan tidak ada pengunjung yang berkerumun. Tak hanya itu, Adi menyebut petugas gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) juga turut menjaga keamanan dan penerapan protokol kesehatan (prokes) di TMII.

"Untuk menghadapi Omicron, kita di lapangan melakukan screening ketat terhadap pengunjung kita, terutama harus wajib PeduliLindungi dan vaksin, ya. Untuk pengunjung anak-anak harus didampingi dengan orang tua yang sudah divaksin," ujar Adi.

"Untuk satgas pemecah kerumunan kita melibatkan juga dari rekan kita TNI, Polri, Satpol PP, kemudian juga tim COVID-19 dari kewilayahan selain kekuatan internal kita. Kita untuk tim gabungan itu melibatkan kurang lebih 300 personel," sambungnya.

Pantauan detikcom pada pukul 09.30 WIB, suasana di sekitar Tugu Api ramai pengunjung menggelar tikar bersama keluarga. Terlihat anak-anak asyik berfoto ria dengan badut di sekitar tugu. Para pengunjung tampak mengenakan masker. Namun, ada pula sebagian pengunjung lainnya masih mengenakan masker di dagu.

Di jalan menuju anjungan rumah adat, ada juga pengunjung bersepeda santai. Tampak aparat kepolisian juga turut melakukan pengamanan di sekitar.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta mengatakan seluruh objek wisata dapat beroperasi dengan kapasitas 75 persen dengan jam operasional pukul 09.00-15.00 WIB hingga 2 Januari ini. Berikut rinciannya:

Perubahan ini tertuang dalam Keputusan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta Nomor 790 Tahun 2021. SK tersebut ditandatangani oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta Andhika Permata pada 30 Desember 2021.

Berikut rincian objek wisata yang diperbolehkan buka pukul 09.00-15.00 WIB:

1. Taman Impian Jaya Ancol
2. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)
3. Taman Margasatwa Ragunan
4. Museum Sejarah Jakarta
5. Museum Wayang
6. Museum Seni Rupa dan Keramik
7. Museum Bank Mandiri
8. Museum Bank Indonesia
9. Museum 3D Art
10. Museum Bahari

(fca/whn)