Membludak Warga ke Lokasi Wisata Jakarta di Hari Pertama 2022

Tim Detikcom - detikNews
Sabtu, 01 Jan 2022 19:51 WIB
Suasana Pantai Ancol, 1 Januari 2022. (Azhar Bagas Ramadhan/detikcom)
Foto: Suasana Pantai Ancol, 1 Januari 2022. (Azhar Bagas Ramadhan/detikcom)
Jakarta -

Sejumlah tempat wisata di DKI Jakarta dipadati pengunjung di hari pertama awal tahun baru 2022. Tercatat ribuan pengunjung beramai-ramai menyerbu tempat wisata seperti Pantai Ancol, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), dan Taman Margasatwa Ragunan (TMR).

Di hari pertama awal tahun baru 2022 itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno juga meninjau penerapan protokol kesehatan di sejumlah tempat wisata. Berikut ini kepadatan pengunjung di beberapa tempat wisata di DKI Jakarta.


Keramaian Pengunjung di Ragunan

Taman Margasatwa Ragunan padat pengunjung pagi ini. Di gerbang utama Ragunan, tampak antrean pengunjung yang menunggu giliran untuk pengecekan tiket online dan scanning barcode aplikasi PeduliLindungi.

Pantauan detikcom di lokasi, Sabtu (1/1/2022) pukul 09.31 WIB, sejumlah pengunjung mengaku tak tahu soal cara pembelian tiket masuk Ragunan yang baru, yakni secara online. Salah satunya Yuni (33).

"Saya niatnya mau liburan sama keluarga. Mumpung libur juga kan. Tapi ini nggak bisa masuk karena katanya harus beli tiket online," kata Yuni.

Pejabat Humas Taman Margasatwa Ragunan (TMR) Bambang Wahyudi menuturkan ada lonjakan jumlah pengunjung pada awal tahun baru 2022. Pihaknya pun dengan sigap menyediakan tim gabungan yang melibatkan Satgas COVID-19, jajaran kepolisian, dan Satpol PP.

"Selalu memantau pengunjung, baik oleh Satgas internal, dibantu pengaman gabungan. Jadi tetap kita pantau terus pengunjung yang mereka mungkin tidak patuh prokes dan berkerumun," tutur Bambang saat dijumpai di Ragunan, Jakarta Selatan, Sabtu (1/1/2022).

Di momen tahun baru ini, kata dia, TMR membatasi pengunjung maksimal 50 persen. Jika dirinci, jumlah maksimal hanya 30 ribu orang. Hal ini dilakukan guna meminimalkan kerumunan dan penyebaran virus Corona.

"Kita batasi hanya 50 persen, itu setara dengan 30 ribu. Meskipun dalam edaran bisa sampai 70 ribu pengunjung, tapi tetap Ragunan hanya mengambil 30 ribu saja," jelasnya.

Suasana Ragunan di awal tahun baru 2022Suasana Ragunan di awal tahun baru 2022 (Foto: Annisa Rizky Fadhila/detikcom)

Sedangkan per pukul 10.00 WIB, pengunjung yang datang berjumlah 6.253 orang. Mayoritas menggunakan sepeda motor dan mobil. Tercatat, pengunjung yang menggunakan motor berkisar 564 orang dan yang menggunakan mobil sebanyak 390 orang.

Untuk mengantisipasi penumpukan pengunjung, TMR sudah menyediakan aturan tertentu. Misalnya melakukan pendaftaran online, scan aplikasi PeduliLindungi, penerapan ganjil genap, hingga menyediakan wastafel tempat mencuci tangan di titik yang mudah dijangkau.

Khusus kendaraan yang tidak menggunakan pelat sesuai, petugas bakal melarangnya masuk. Hal ini sesuai dengan kebijakan yang diberlakukan.


Sandiaga Puji Ketaatan Prokes Pengunjung di Ragunan

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengunjungi Taman Margasatwa Ragunan (TMR). Dia pun mengapresiasi jumlah kunjungan hari ini dan ketaatan protokol kesehatan.

"Tadi dapat informasi pengunjung TMR hari ini yang hadir mencapai 18 ribu orang. Sedangkan besok itu yang sudah mendaftar ada 30 ribu orang," kata Sandiaga kepada wartawan di TMR, Sabtu (1/1/2022).

Dia memberikan perbandingan kunjungan ke Bali. Meski tidak menyebutkan detail waktunya, Sandiaga mengatakan kunjungan ke Bali tembus 12 ribu orang yang menggunakan jalur udara.

Menparekraf Sandiaga UnoMenparekraf Sandiaga Uno Foto: Annisa Rizky Fadhila/detikcom

Dengan jumlah tersebut, kata Sandiaga, jumlah kunjungan yang dicapai Ragunan perlu disyukuri. Sektor pariwisata pun saat ini mulai merasakan geliat ekonomi yang mulai bangkit.

"Apa yang dicapai TMR perlu disyukuri," kata Sandiaga.

Meski pengunjung Ragunan terbilang banyak, Sandiaga mengapresiasi protokol kesehatan yang diterapkan. Saat mendatangi dan mengelilingi Ragunan, Sandiaga melihat masyarakat tertib memakai masker, jam operasional dibatasi, hingga tidak adanya kerumunan.

"Kami mengapresiasi penerapan prokes yang ketat dan disiplin. Bisa dilihat oleh teman-teman waktu operasional sampai jam 14.30 WIB dipatuhi, sudah dilihat dengan mata kepala sendiri bagaimana prokes diterapkan, pakai masker, tidak berkerumun, dan lain-lain," jelasnya.

Saat menyambangi Ragunan, Sandiaga turut menyapa pelaku UMKM. Dia mengatakan mayoritas sudah merasakan dampak pariwisata yang mulai menggeliat.