BNPT Gandeng Habib Lutfi Jadi Ketua Kelompok Ahli

Arief Ikhsanudin - detikNews
Minggu, 02 Jan 2022 07:55 WIB
Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar bertemu dengan Habib Luthfi bin Yahya
Foto: dok. BNPT
Jakarta -

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Boy Rafli Amar mengukuhkan Habib Muhammad Luthfi bin Yahya sebagai Ketua Kelompok Ahli BNPT. Hal itu sebagai upaya mencegah aksi terorisme.

Pengukuhan tersebut dilakukan saat Boy Rafli bersilaturahmi dengan Habib Luthfi bin Yahya pada Kamis (30/12). BNPT berkolaborasi dengan tokoh agama untuk mencegah terorisme di Indonesia.

"Diharapkan komunikasi dua arah dengan tokoh lintas agama melahirkan sebuah pemahaman bahwa terorisme ideologi berbasis kekerasan, anti kepada nilai luhur bangsa kita," kata Boy Rafli, dalam siaran pers BNPT, seperti dilihat detikcom, Minggu (2/1/2022).

BNPT berkolaborasi dengan tokoh agama melalui pembentukan Gugus Tugas Pemuka Agama. Tokoh agama dinilai memiliki peran mengajarkan pemahaman agama yang moderat serta menjunjung nilai-nilai kebangsaan.

Habib Luthfi melihat masalah terorisme tak hanya satu faktor. Mulai dari latar belakang sosial, pola pergaulan di tengah masyarakat, hingga kemajuan teknologi.

"Tema-tema agama bahwa pemerintahan sudah tidak sesuai lagi dengan apa yang kita anut, bisa melalui hp ke HP, pertemuan ke pertemuan, dengan mudahnya masyarakat termakan oleh hal-hal demikian," ucap Habib Luthfi dalam siaran pers yang sama.

Habib Luthfi pun mengamini peran penting tokoh agama dalam mencegah terorisme. Menurutnya, tokoh-tokoh itu dekat dengan masyarakat sehingga pesan antiterorisme yang dibawa akan mudah diterima.

Lihat juga Video: BNPT: Serangan Terorisme di PON Papua Suatu Keniscayaan

[Gambas:Video 20detik]



(aik/imk)