Heboh Markas PSK di Garut, Anggota DPR Minta Pemda Peduli Kasus Prostitusi

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Minggu, 02 Jan 2022 06:45 WIB
Politikus PKB Luqman Hakim (Dok. Pribadi).
Foto: Luqman Hakim (Dok. Pribadi).
Jakarta -

Polisi menggerebek sebuah kamar hotel di Cipanas, Garut yang diduga menjadi tempat penyuplai pekerja seks komersial (PSK) kepada wisatawan. Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Luqman Hakim meminta Pemda Garut gencar mencegah dan memberantas prostitusi di wilayahnya.

"Pemerintah daerah harus lebih peduli atas realitas prostitusi di daerahnya dengan berusaha keras mencegah dan memberantasnya," kata Luqman kepada wartawan, Sabtu (1/1/2022).

Luqman juga mendorong Pemda Garut untuk bekerja sama dengan polisi. Hal itu agar mudah melakukan pencegahan dan pemberantasan prostitusi online.

"Untuk pencegahan dan pemberantasan prostitusi, sudah pasti pemda perlu bekerjasama dengan polisi," jelasnya.

Mengenai muncikari yang menawarkan jasa PSK ke pria hidung belang melalui aplikasi perpesanan, kata Luqman, bisa dilakukan pencegahan. Dia mengatakan Pemda dan polisi bisa melakukan patroli oleh tim siber Polri.

"Meskipun bisnis prostitusi seringkali menggunakan teknologi informasi sebagai media transaksi, bukannya tidak bisa dicegah. Melalui kerjasama pemda dan polisi, maka transaksi prostitusi secara online dapat diawasi oleh tim patroli siber Polri," sebutnya.

Dia berharap Pemda lebih peduli dalam pencegahan prostitusi. Terlebih, belakangan ini, kata Luqman, prostitusi telah menyasar anak-anak di bawah umur.

"Sangat penting kita semua, terutama pemda-pemda untuk peduli dengan pencegahan prostitusi, terutama karena belakangan ini banyak perempuan di bawah umur yang dijadikan PSK oleh sindikat perdagangan manusia," katanya.

PKS Minta Aktor Intelektual Diusut

Anggota Komisi II DPR RI fraksi PKS, Mardani Ali Sera meminta polisi mengusut aktor intelektual penyuplai pekerja seks komersial (PSK) di kawasan wisata Cipanas, Garut. Mardani berharap kasus prostitusi ini diusut secara tuntas.

"Mesti dilakukan penyelidikan seksama. Mesti ditemukan aktor intelektual. Plus mesti ditemukan akar masalahnya. Usut tuntas dengan cerdas," kata Mardani kepada wartawan, Sabtu (1/1).

Simak juga Video: Top 5: Ririn-Aldi Bragi Cerai, Cassandra Angelie Terjerat Prostitusi

[Gambas:Video 20detik]