Produsen Sampo-Gel Palsu di Banten Beromzet Ratusan Juta Digerebek

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Jumat, 31 Des 2021 18:26 WIB
Gudang produksi sampo palsu di Banten digerebek polisi (Foto: Dok Polda Banten)
Gudang produksi sampo palsu di Banten digerebek polisi. (Dok. Polda Banten)
Banten -

Polisi menggerebek gudang yang memproduksi kosmetik palsu berupa sampo dan minyak rambut di Kecamatan Paku Haji, Tangerang, Banten. Terdapat mesin produksi hingga kemasan palsu di dalam gudang tersebut.

"Penyidik berhasil temukan gudang rumah produksinya, terdapat mesin produksi, bahan baku, dan kemasan palsu di gudang tersebut," ujar Kabid Humas Polda Banten AKBP Shinto Silitonga kepada wartawan, Jumat (31/12/2021).

Pengungkapan produksi sampo palsu ini berawal dari informasi masyarakat. Polisi lalu menemukan sampo palsu di salah satu warung di Kecamatan Mauk pada Selasa (27/12) lalu.

Dari temuan tersebut, polisi mengarah ke sebuah gudang produksi di Paku Haji. Saat penggeledahan, polisi menemukan beragam merek sampo terkenal dengan kemasan yang mirip dengan yang asli.

"Merek ini sering ditemukan di warung dan toko kecil, secara kasatmata sulit untuk dibedakan mana yang palsu dan asli," tuturnya.

Sampo Palsu Sebabkan Iritasi Kulit

Dalam kesempatan yang sama, Kasubdit Indag Ditreskrimsus Polda Banten Kompol Condro Sasongko memperlihatkan perbedaan produk sampo palsu dan asli. Condro mengungkapkan produk sampo palsu ini bisa mengakibatkan iritasi kulit.

"Rekatan antar-sachet masih renggang, warna cairan lebih cerah, komposisinya tidak kental, serta wanginya lebih menyengat, bila digunakan dapat mengakibatkan iritasi kulit," terang Condro.

Pada saat mengecek gudang, Condro mengatakan pihaknya menemukan fakta bahwa pemilik gudang tersebut tidak memiliki legalitas dan perizinan usaha. Selain itu, tidak memiliki kontrak kerja sama dengan perusahaan pemilik merek beberapa sampo yang dipalsukan.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.